25 Pasangan Ikuti Isbat Nikah di Padang Timur, Pesta Pernikahan akan Difasilitasi

Senin, 20 Maret 2023, 23:48 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
25 Pasangan Ikuti Isbat Nikah di Padang Timur, Pesta Pernikahan akan Difasilitasi
Satu pasangan mengikuti sidang Isbat nikah massal di Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Senin. (veri rikiyanto)

PADANG (20/3/2023) - Sebanyak 25 orang pasangan mengikuti sidang Isbat nikah massal di Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Senin.

Camat Padang Timur, Siska Melani mengatakan, ini merupakan rangkaian Isbat terpadu, yang merupakan program nikah massal yang dicanangkan Pemko Padang, melalui Kecamatan Padang Timur, untuk warga di Padang Timur yang bekerjasama dengan Pengadilan Agama Padang.

"Jadi Isbat terpadu ini adalah program untuk warga yang belum mempunyai status hukumnya dalam perkawinan, dan kita dari pihak Kecamatan Padang Timur memberikan legalitas hukum tersebut bersama pengadilan agama untuk 25 pasangan di Kecamatan Padang Timur ini," ujarnya.

Ia mengungkapkan, sebelumnya ada 35 pasangan yang ikut, namun setelah hasil seleksi dari pihak Pengadilan Agama Padang, berupa hasil wawancara dan administrasi gugur ada yang gugur, jadi yang ikut saat ini hanya 25 pasangan.

Nantinya, kata Siska, setelah hasil sidang ini, mereka akan mendapatkan buku nikah dan dinyatakan sudah sah secara hukum dari pernikahannya.

"Dari hasil Isbat ini, nanti dikeluarkan berita acaranya oleh pengadilan agama, dan hasil isbat itulah dijadikan dasar nantinya oleh pihak KUA di Kecamatan Padang Timur, untuk penerbitan buku nikahnya," pungkasnya.

Rencananya para pasangan yang sudah menjalani Isbat, akan menjalani prosesi dan pesta pernikahan yang dilaksanakan secara massal oleh Pemerintah Kecamatan Padang Timur.

Pada resepsi pernikahan yang digelar secara massal tersebut, Wali Kota Padang akan menyerahkan dokumen kependudukan baru dengan status nikah tercatat yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. (vri)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: