Sekda Sosialisasikan Program Layanan Kesehatan Gratis melalui 'Sanjai Bukittinggi'

Senin, 06 Februari 2023, 17:57 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Sekda Sosialisasikan Program Layanan Kesehatan Gratis melalui 'Sanjai Bukittinggi'
Sekda Bukittinggi, Martias Wanto didampingi sejumlah staf, sosialiasikan program Bukittinggi Hebat bidang Kesehatan pada dialog interaktif bertajuk Sanjai (Pesan Janang Terkini) Bukittinggi yang disiarkan di kanal 94,8 FM Pro 1 RRI, Senin. (humas)

BUKITTINGGI (6/2/2023) - Sekda Bukittinggi, Martias Wanto menjelaskan, dalam RPJMD 2021-2026, telah disusun visi Bukittinggi sesuai arahan Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar. Yakni, Hebat berlandaskan Adat Basandi Syara' Syara' Basandi Kitabullah.

"Untuk mendukung visi ini, disusun 7 misi, salah satunya Hebat dalam bisang kesehatan dan lingkungan," ungkap Martias Wanto pada dialog interaktif bertajuk Sanjai (Pesan Janang Terkini) Bukittinggi yang disiarkan di kanal 94,8 FM Pro 1 RRI Bukittinggi, Senin.

Dikesempatan itu, Martias Wanto mengatakan, Pemko Bukittinggi juga tengah persiapkan program layanan kesehatan gratis untuk seluruh masyarakat. Program ini bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Dalam waktu dekat, program ini akan diluncurkan.

"Pada prinsipnya, semua daerah tentu akan tingkatkan derajat kesehatan masyarakatnya. Namun, realitanya, tidak semua warga yang mampu untuk mengikuti program jaminan kesehatan," ungkap dia.

Baca juga: DWP Bukittinggi Antarkan Bantuan untuk Korban Banjir Bandang di Agam

Tahun 2022, terang dia, tercatat sebanyak 87 persen warga Bukittinggi yang mampu ikuti program jaminan kesehatan nasional.

"Untuk itu, Bapak Wako Erman Safar, meminta, mulai tahun 2023 ini, setiap warga Kota Bukittinggi gratis mendapatkan layanan kesehatan, karena iuran kesehatannya telah dibayarkan Pemko Bukittinggi," ungkap dia.

"Program ini sudah disetujui DPRD Bukittinggi. Dimana, tahun 2023 ini, telah dianggarkan dana sebesar Rp9,5 miliar untuk membayarkan iuran kesehatan 95,5 persen warga Bukittinggi," ujarnya.

"Ini bukan program baru. Sudah ada sejak lima tahun lalu, namun Bukitinggi baru tahun ini memulainya," tambah dia. (ham)

Baca juga: Bukittinggi Kirim 75 Relawan ke Lokasi Bencana Banjir Bandang dan Longsor

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: