Peserta Kirab Pemilu 2024 Lalui 6 Daerah di Sumatera Barat

Selasa, 14 Februari 2023, 22:06 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Peserta Kirab Pemilu 2024 Lalui 6 Daerah di Sumatera Barat
Ketua KPU Sumbar, Yanuk Sri Mulyani memberikan sambutan jelang pembukaan Kirab Pemilu 2024 secara daring, di Padang, Selasa. (mangindo kayo)

PADANG (14/2/2023) - KPU RI tandai 1 tahun jelang pencoblosan Pemilu 2024 dengan melaksanakan Kirab Pemilu 2024 yang dipusatkan di 7 provinsi di Indonesia. Kirab yang dimulai 14 Februari 2023 itu, akan melewati enam kabupaten/kota di Sumatera Barat.

"Kirab ini diikuti wakil 19 partai politik peserta Pemilu 2024. Salah satu tujuan menyertakan partai, yakni mengenalkan peserta Pemilu 2024 ke masyarakat luas," ungkap Ketua KPU Sumbar, Yanuk Sri Mulyani, di Padang, Selasa siang.

Dikatakan, daerah yang akan dilalui peserta kirab saat memasuki daerah Sumatera Barat yakni Limapuluh Kota, Payakumbuh, Tanah Datar, Sawahlunto, Sijunjung dan Dharmasraya untuk selanjutnya bergerak menuju Provinsi Jambi.

"Kirab ini diperkirakan baru akan berakhir pada November 2023. Semoga, acara kirab ini dimudahkan dan diberi kelancaran," harap Yanuk.

Baca juga: Kirab Pemilu 2024 di Sumbar Berjalan Lancar, KPU Sumbar: Terima Kasih Polri Atas Pengawalannya

Secara nasional, kirab ini dipusatkan di tujuh provinsi di Indonesia. Di masing-masing provinsi, dihadiri komisioner dan pejabat utama KPU RI. Pembukaan kirab ini, disaksikan secara daring oleh KPU provinsi di seluruh Indonesia.

Sementara, komisioner dan pejabat utama KPU RI, menghadiri kirab secara langsung di tujuh daerah yang jadi pusat pelaksanaan.

Di Kota Banda Aceh, Provinsi DI Aceh, hadir komisioner Muhammad Afifudin. Kota Batam, Provinsi Kepri, dihadiri komisioner Parsadaan Harahap.

Kota Pontianak, Provinsi Kalamantan Barat, dihadiri komisioner August Melaz. Kota Tanjung Selor, Provinsi Kalimantan Utara dihadiri Inspektur Utama KPU RI, Nanang Supriyatna.

Baca juga: Kirab Pemilu 2024 Akhir Tugas 41 Hari di Sumbar, Lewati 7 Daerah

Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara dihadiri Sekjen KPU RI, Bernad Dermawan Sutrisno. Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, dihadiri komisioner KPU RI, Betty Epsilon Idroos dan Kota Jayapura, Provinsi Papua dihadiri komisioner KPU RI, Yulianto Sudrajat.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: