Bayi Mengemut Makanan, Kenali Penyebab dan Tips Mengatasinya, No 7 jadi Hal Terpenting

Kamis, 09 Februari 2023, 19:56 WIB | Gaya Hidup | Nasional
Bayi Mengemut Makanan, Kenali Penyebab dan Tips Mengatasinya, No 7 jadi Hal Terpenting
Ilustrasi.

MENGEMUT makanan, apalagi jika sampai makanannya tidak ditelan, juga dapat meningkatkan risiko anak kekurangan asupan nutrisi. Selain itu, tersedak juga jadi resiko lainnya. Jika tersedak, anak tidak bisa bernapas dengan baik dan berisiko kekurangan oksigen yang dapat membahayakan kesehatannya.

Menurut IDAI, penyebab tersering mengapa Si Kecil mengemut makanan adalah pemberian porsi makanan yang terlalu banyak. Sebagian orangtua mengira bahwa pemberian porsi makanan yang banyak bisa membuat Si Kecil lebih kenyang dan mendapatkan asupan gizi yang lebih banyak.

Sayangnya, hal tersebut membuat Si Kecil lebih sering mengemut makanan dan membuat durasi makan jadi lebih lama, bahkan bisa sampai 1 jam.

Kebiasaan mengemut makanan juga bisa disebabkan oleh berbagai distraksi yang mengganggu Si Kecil selama makan, seperti mainan, siaran TV/video, dan kegiatan orang dewasa yang menarik perhatian Si Kecil.

Baca juga: Ini Imbauan IDAI Terkait Kasus Ginjal Akut pada Anak

Gangguan pada beberapa bagian tubuh Si Kecil juga bisa menjadi penyebab kebiasaan mengemut makanan. Adapun beberapa contohnya adalah:

  • Adanya masalah pada gigi Si Kecil seperti gigi goyang, gigi berlubang, atau gigi belum tumbuh sempurna.
  • Gangguan pada oral motor Si Kecil yang membuatnya susah mengunyah dan menelan.
  • Tulang rahang Si Kecil mengalami dislokasi.
  • Adanya masalah sensori pada indera pengecapan Si Kecil.

Jika Si Kecil mengalami salah satu atau beberapa gangguan di atas, bisa berkonsultasi ke dokter. Beritahu dokter apakah selama mengemut Si Kecil mengemut semua makanan atau beberapa makanan saja.

Jika hanya beberapa makanan tertentu, beritahu makanan seperti apa yang ia emut, apakah makanan yang terlalu keras, terlalu alot atau bahkan terlalu lembut.

Harus waspada, saat Si Kecil mengemut makanan dengan disertai gangguan bicara. Hal tersebut bisa saja menjadi tanda Si Kecil mengalami masalah tumbuh kembang seperti tuna wicara atau autisme.

Baca juga: Fidel Efendi Resmikan Pembangunan Gedung MI Darul Ulum Bangun Rejo

Cara Atasi Mengemut Makanan

Cara mengatasi Si Kecil sangat tergantung dari apa penyebab kondisi tersebut. Jika disebabkan pemberian porsi makanan yang berlebih, bisa mengatasinya dengan memberikan makanan porsi kecil tapi sering.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: