Bayi Mengemut Makanan, Kenali Penyebab dan Tips Mengatasinya, No 7 jadi Hal Terpenting

Kamis, 09 Februari 2023, 19:56 WIB | Gaya Hidup | Nasional
Bayi Mengemut Makanan, Kenali Penyebab dan Tips Mengatasinya, No 7 jadi Hal Terpenting
Ilustrasi.

Sementara itu, bisa membawa Si Kecil ke dokter jika penyebabnya adalah adanya masalah pada beberapa bagian tubuh Si Kecil, seperti gigi atau indera pengecapan.

Selain itu, juga bisa melakukan beberapa cara lainnya seperti berikut:

1. Biasakan Si Kecil Fokus Saat Makan

Salah satu penyebab SI Kecil suka mengemut makanan adalah adanya gangguan dari luar. Untuk mengatasinya, bisa membiasakan Si Kecil untuk lebih fokus saat makan. Salah satu contoh untuk menerapkan Si Kecil adalah dengan memberikan makanan ke Si Kecil di ruangan yang jauh dari berbagai gangguan.

2. Perhatikan Makanan Yang Akan Diberikan

Selain porsi, makanan yang akan diberikan, juga harus dicermati. Di awal pemberian MPASI, berikanlah MPASI dengan tekstur yang sesuai usianya.

Setelahnya, bisa memberikan berbagai variasi makanan supaya ia tidak jenuh, dengan catatan makanan-makanan itu tetap sesuai dengan tahap perkembangan Si Kecil.

3. Perbaiki Jadwal Makan Si Kecil

Jika selama ini jadwal makan Si Kecil kurang tertata, maka bisa memperbaiki jadwal makannya. Aturlah kapan Si Kecil diberi MPASI, kapan ia harus istirahat, serta kapan ia bisa mendapatkan asupan ASI.

4. Berikan Si Kecil Pujian

Saat Si Kecil akhirnya tidak berlama-lama mengemut serta bisa mengunyah dan menelan dengan baik, kita harus memberikan pujian. Cara ini bisa membuat Si Kecil semakin termotivasi.

Jika masih belum berhenti mengemut, kita bisa menegurnya dengan lembut dan beritahu Si Kecil jika kebiasaan itu kurang baik dilakukan.

5. Beri kebebasan anak dalam memilih makanan

Supaya Si Kecil mau makan dan tidak mengemutnya, coba deh biarkan ia memilih makanannya sendiri. Bawa ia ke dapur untuk melihat proses memasak dan bila memungkinkan, bisa ajak Si Kecil untuk memasak bersama. Pastikan makanan yang disajikan mengandung nutrisi yang seimbang, ya.

Agar lebih menarik lagi, sajikan makanan Si Kecil di piring yang bergambar karakter kesukaannya serta sendok dan garpu yang lucu.

6. Buat kebiasaan makan yang baik

Buatlah kebiasaan makan yang baik bersama Si Kecil. Ajak Si Kecil makan bersama dengan anggota keluarga yang lain. Hindari makan sembari bermain gadget atau menonton televisi. Sebisa mungkin makan di waktu yang sama setiap harinya dan tidak lebih dari 30 menit.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: