Longsor, Jalur Padang-Solok dan Padang-Painan Tak Bisa Dilalui Senin Sore Ini

Senin, 23 Januari 2023, 18:21 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Longsor, Jalur Padang-Solok dan Padang-Painan Tak Bisa Dilalui Senin Sore Ini
Longsor di Panorama I, Sitinjau Lauik, Padang, pascahujan lebat yang mengguyur sebagian besar wilayah Sumatera Barat, Senins sore. (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

PESISIR SELATAN (23/1/2023) - Hujan lebat yang mengguyur Kota sebagian besar daerah di Sumatera Barat sejak Senin siang, menyebabkan longsor di Nagari Taratak Sungai Lundang, kecamatan Koto XI Tarusan, Pessel, sore ini.

"Longsor terjadi di dekat Rumah Makan Rang Linggo. Saat ini, akses Padang menuju Painan atau sebaliknya, tidak bisa dilewati kendaraan," ungkap Ketua DP2OD Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Sumbar, Suri Hamdasir melalui pesan whatsapp, Senin sore.

Informasi yang dihimpun, Sungai Kayu Gadang yang melintas di kenagarian itu, memang sering meluap setiap kali hujan lebat turun dalam waktu lama.

Selain itu, kawasan yang berada di gugusan perbukitan, juga acap terjadi longsor.

Baca juga: 3 Unit Mobil Dihondoh Longsor di Panorama II, Seorang Meninggal

"Informasi yang diperoleh, Tim TRC BPBD telah turun ke lokasi kejadian, membersihkan material longsor," ungkap Suri Hamdasir.

Selain itu, hujan lebat juga menyebabkan longsor di Panorama I, Sitinjau Lauik, Padang. Material longsor beserta kayu-kayuan, menimbun badan jalan hingga tak bisa dilalui kendaraan bermotor.

"Alat berat milik Pemprov Sumbar yang standby di Panorama II, saat ini telah bergerak ke bawah, ke titik longsor bersama Tim TRC," ungkap Suri.

Sementara, Prakirawan BMKG Sumatera Barat melansir pemutakhiran Peringatan Dini Cuaca Sumatera Barat pada 23 Januari 2023 per pukul 16.50 WIB.

Baca juga: Jalinsum Padang-Solok Ditutup akibat Tumpahan CPO

Disampaikan, masih berpotensi terjadi Hujan Sedang-Lebat yang dapat disertai Kilat/Petir dan Angin Kencang pada pkl. 17:00 WIB pada daerah meliputi:

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: