Tingkatkan Kompetensi SDM, Pemkab Pessel Berkolaburasi dengan Kemnaker

Kamis, 12 Januari 2023, 19:27 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
Tingkatkan Kompetensi SDM, Pemkab Pessel Berkolaburasi dengan Kemnaker
Bupati Pessel Rusma Yul Anwar (paling kanan) saat pelaksanaan Penandatanganan Naskah Perjanjian, serah terima hibah lahan antara Pemkab Pessel dan Kemnaker RI di Aula Tridharma Kemnaker, Jakarta Rabu (11/1/2023). Foto: Dok Forkopim Pemkab Pessel.

PESISIR SELATAN (12/1/2023) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat, berkolaborasi dengan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI, untuk mewujudkan kompetensi, dan produktivitas sumber daya manusia (SDM) berdaya saing nasional, maupun internasional.

Upaya tersebut, ditandai dengan penyerahan hibah lahan di Nagari Nyiur Melambai Pelangai, Kecamatan Ranah Pesisir.

Hibah lahan tadi, akan dipergunakan untuk pembangunan Workshop Pertanian, Perikanan dan Pariwisata (Transformasi Balai Latihan Kerja).

Pada Rabu (11/1/2023), pelaksanaan penandatanganan Naskah Perjanjian, serah terima hibah lahan antara Pemkab Pessel dan Kemnaker RI terwujud, bertempat di Aula Tridharma Kemnaker RI, Jakarta.

Baca juga: Sarpras UPTD BLK dan Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah II Sumbar Minimalis, Ini Kata Mochklasin

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah, menjelaskan, bentuk kolaborasi dilakukan, berupa pengembangan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP), maupun sinergi program pelatihan dan pendampingan lulusan pelatihan.

"Kami berharap dukungan pemerintah daerah, untuk mendorong keterlibatan para pengusaha, dalam penyelenggaraan pelatihan vokasi dan peningkatan produktivitas," ucap Ida Fauziyah, Rabu.

Menurut Menaker, pada sektor ketenagakerjaan, investasi menjadi hal yang sangat penting.

Karena, di dasarkan lima alasan, yakni: investasi membuka lapangan kerja, investasi memperbesar peluang alih teknologi dan pengetahuan, investasi memperkuat kualitas SDM, investasi mendorong peningkatan produktivitas, dan investasi menyumbang pertumbuhan ekonomi nasional.

Baca juga: BLK PAINAN Gelar Pelatihan Las di Nagari Koto Berapak Bayang

Masuknya investasi, lanjut dia, akan semakin mendorong negara dalam memberikan layanan yang prima, good governance, serta daya saing nasional.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: