Festival Rakyat Batang Arau Diharapkan jadi Pemicu Kegiatan Ekonomi Rakyat

Jumat, 30 Desember 2022, 21:16 WIB | Wisata | Kota Padang
Festival Rakyat Batang Arau Diharapkan jadi Pemicu Kegiatan Ekonomi Rakyat
Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, menggunting pita sebagai tanda dibukanya Festival Rakyat Batang Arau 2022, Kamis. (humas)

PADANG (29/12/2022) - Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Gunung Padang dan Koalisi Masyarakat Peduli Batang Arau menggelar Festival Rakyat Batang Arau Tahun 2022. Tiga event digelar berbarengan dalam iven yang dipusatkan di lapangan bola mini Seberang Pabayan, Kelurahan Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang.

Ketiga event tersebut adalah festival kuliner dari masyarakat lokal yang melibatkan 40 UMKM, jual beli botol dan gelas plastik yang dibawah komando Gilplas Sumbar serta bersampan-sampan di sepanjang Batang Arau dengan melibatkan nelayan tempatan.

"Kegiatan rakyat seperti ini, harus didukung dan layak diberikan apresiasi. Ini adalah salah satu cara untuk menjaga kebersihan sungai indah yang terletak di tengah kota," ujar Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, saat membuka secara Festival Rakyat Batang Arau 2022, Kamis.

Kegiatan bersampan-sampan di Batang Arau diawali dengan pengguntingan pita oleh Gubernur di depan Dermaga Wisata Pokdarwis Gunung Padang.

Baca juga: Musrenbang Terintegrasi Sumbar 2024, Gubernur: Momentum Menyusun Mimpi Besar Sumbar 2045

Dari sisi lokasi, ungkap Mahyeldi, Batang Arau ini sangat strategis. Ini adalah daerah perlintasan yang banyak dilalui orang menuju destinasi Batu Malin Kundang di Air Manis. Masyarakat bersama dengan Pokdarwis Gunung Padang tinggal membuat kegiatan rutin yang memancing orang untuk singgah.

"Bila orang sudah singgah, ekonomi rakyat akan bergerak," ungkap Mahyeldi.

Mahyeldi meyakini, kawasan Batang Arau ini dapat jadi salah satu daya tarik wisatawan. Ditambah inisiatif warga di sekitar Batang Arau yang peduli terhadap kelestarian sungai yang jadi urat nadi perekonomian sejak zaman penjajahan dulu.

Ketua Pokdarwis Gunung Padang, Bhilu Pricilia menyampaikan ucapan terima kasih pada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan, terutama Koalisi Masyarakat Peduli Batang Arau yang dipimpin Miko Kamal.

Baca juga: Gubernur Sumbar Minta Wali Nagari Gunung Malintang Buat Laporan Detail Alek Bakajang, Ini Sebabnya

"Kegiatan ini terselenggara atas dukungan banyak pihak, baik dari unsur pemerintah, non-pemerintah, perusahaan dan perorangan," ungkapnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: