48 Damkar Agam dan Bukittinggi Ikuti Pelatihan Bersama, Sekda: Bencana Diluar Urusan Politik

Jumat, 09 Desember 2022, 19:33 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
48 Damkar Agam dan Bukittinggi Ikuti Pelatihan Bersama, Sekda: Bencana Diluar Urusan...
Pelatih dari Pusdiklat Ciracas DKI Jakarta memasangkan baret tanda telah lulus pelatihan kompetensi yang digelar 5-9 Desember 2022, di lapangan Atas Ngarai Bukittinggi, Jumat. (humas)

BUKITTINGGI (9/12/2022) - Sebanyak 48 personil Damkar Bukittinggi dan Agam mendapatkan sertifikat dari penilaian praktek dan teori dalam melakukan pemadaman api pada peristiwa kebakaran.

Kegiatan dimulai 5-9 Desember 2022 menghadirkan instruktur dari BPSDM dan Pusdiklat Damkar Ciracas DKI Jakarta, didukung Dinas Pariwisata, BPBD, PMI, Bank Nagari, PDAM dan lainnya.

Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pemadam 1 bagi anggota Pemadam Bukittinggi - Agam ini, ditutup Sekertaris Daerah (Sekdako) Bukittinggi Martias Wanto. Acara penutupan bertempat di lapangan Atas Ngarai Bukittinggi, Jumat.

Martias Wanto mengatakan, Diklat wajib dilakukan. Ini kolaborasi perpaduan antara Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam.

Baca juga: Bukittinggi Kirim 75 Relawan ke Lokasi Bencana Banjir Bandang dan Longsor

"Daerah kita hanya secara administratif pemerintahan yang mesti ada batas-batasnya, tapi secara kebudayaan dan kehidupan sehari-hari tidak bisa dibedakan," ujarnya.

"Untuk penanganan musibah kebakaran, saya minta kedua daerah ini tidak saling menunggu. Masalah bencana itu diluar persoalan-persoalan politik," ungkapnya.

Martias meminta untuk para personil damkar dalam bertugas untuk selalu kontrol diri dan hatinya dan bagaimana mengatur diri serta bagaimana bisa merespon cepat terhadap laporan dari masyarakat.

Kasat Pol PP Damkar Agam, Dandi Pribadi mengatakan, setelah pelatihan mudah-mudahan para anggota pemadam sudah bisa memahami Standar Operasional Prosedur (SOP), dan arahan diberikan pelatih dari Pusdiklat Ciracas DKI Jakarta.

Baca juga: Negara Kelantan Malaysia Promosikan Destinasi Wisata ke Pemko Bukittinggi

"Sinergi di lapangan harus kita tingkatkan dalam pelaksanaan pemadaman dan penyelamatan. Sinergi dengan dua daerah ini sangat penting," sebutnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: