Pelabuhan Teluk Tapang Percayakan Rekrutmen Pekerja Bongkar Muat ke TKBM Nan Batuah

Jumat, 09 Desember 2022, 08:09 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Pelabuhan Teluk Tapang Percayakan Rekrutmen Pekerja Bongkar Muat ke TKBM Nan Batuah
Kepala KSOP Kelas II Teluk Bayur, Padang, Wigyo menjelaskan proses hak dan kewajiban pekerja di pelabuhan Teluk Tapang pada jajaran Koperasi TKBM Nan Batuah, Nagari Air Bangis, di Simpang Empat, Kamis. (robi irwan)

PASAMAN BARAT (9/12/2022) - Sebanyak 138 orang warga Air Bangis direkrut jadi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) di Pelabuhan Teluk Tapang. Selain itu, puluhan warga bekerja di tambang biji besi di Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas yang sebentar lagi berproduksi.

"Warga yang telah direkrut dan teregistrasi sebanyak 138 orang dari perwakilan unsur yang ada di Air Bangis. Hal ini sangat positif karena keberadaan pelabuhan ini mampu menyerap tenaga kerja lokal yang ada," kata Ketua Koperasi TKBM Nan Batuah, Nagari Air Bangis, Iwan Gusriadi di Simpang Empat, Kamis.

Menurutnya perekrutan TKBM itu sangat terbuka dengan melibatkan semua unsur yang ada. Seperti perwakilan semua kejorongan yang ada, perwakilan organisasi masyarakat, organisasi kepemudaan dan unsur lainnya yang memenuhi kriteria dan syarat oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Teluk Bayur, Kota Padang.

Sementara, Kepala KSOP Kelas II Teluk Bayur, Padang, Wigyo menjelaskan, TKBM merupakan salah satu aspek penting dalam kelancaran suatu aktifitas pelabuhan. Apalagi, katanya, pelabuhan adalah objek vital yang harus dijaga dan disterilkan dari berbagai hal.

Baca juga: Komisi V DPRD Sumbar Kembali Matangkan Ranperda Pemajuan Kebudayaan Daerah

"Makanya dari awal kita harus mulai menata, karena tidak semua orang bisa keluar masuk ke pelabuhan karena pelabuhan adalah pintu gerbang masuk kawasan. Dari awal aturannya jelas bahwa pelabuhan adalah objek vital nasional. Salah satunya tempat masuknya barang dan penumpang," tegasnya.

Ia menjelaskan, untuk perekrutan tenaga kerja bongkar muat itu harus melalui wadah yang berbadan hukum.

Di kawasan Air Bangis sudah ada tiga badan hukum yang mengajukan diri untuk proses TKBM yang beroperasi di Pelabuhan Teluk Tapang.

Setelah diverifikasi dan melalui proses panjang baik di Kementerian Hukum HAM, Dinas Koperasi maka direkomendasikanlah Koperasi TKBM Nagari Nan Batuah untuk merekrut tenaga kerja bongkar muat.

Baca juga: Bupati Agam Ajak PANTAS Jabodetabek Terus Berkontribusi Bangun Kampung Halaman

Sementara itu, unsur manajemen perusahaan biji besi PT Gamindra Mitra Kesuma (GMP), Bambang menyambut baik dengan adanya perekrutan tenaga kerja bongkar muat untuk Pelabuhan Teluk Tapang.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: