UNP Sosialisasikan Nagari Tangguh Bencana di Kecamatan Talamau

Senin, 28 November 2022, 16:59 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
UNP Sosialisasikan Nagari Tangguh Bencana di Kecamatan Talamau
Tim pengabdian masyarakat Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar sosialisasi Nagari Tangguh Bencana di Nagari Kajai, Kecamatan Talamau

PASAMAAN BARAT (28/11/2022) - Tim pengabdian masyarakat Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar sosialisasi Nagari Tangguh Bencana di Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, beberapa waktu lalu.

Kegiatan dilaksanakan serentak pada tiga lokasi masing-masing di Nagari Kajai, Nagari Persiapan Kajai Selatan dan Persiapan Simpang Tigo Abu. Kedatangan tim UNP mendapat sambutan baik dari Wali Nagari dan BPBD Pasaman Barat.

Kegiatan tersebut dibuka Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pasaman Barat, Zulkarnain.

Dalam sambutannya, Zulkarnain menyampaikan, ia mendukung penuh kegiatan ini, karena dapat mewujudkan ketangguhan di tingkat masyarakat.

Baca juga: Mahyeldi Buka HIPMI PT UNP Fest, Ini Pesan Gubernur

Oleh karena itu, ungkap Zulkarnain, proses edukasi yang berkelanjutan dari UNP dan komitmen dari semua lapisan masyarakat Nagari Kajai merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan program ini.

Dikatakan Zulkarnain, berdasarkan observasi yang telah dilakukan sehari setelah gempa terjadi, permasalahan yang dihadapi masyarakat kecamatan Talamau adalah tidak diterapkannya peraturan yang baku dalam tahapan desain konstruksi rumah sederhana.

Dalam rangka mengurangi permasalahan ini, kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat jadi salah satu upaya untuk tuk meminimalisir kerusakan yang terjadi dimasa datang.

Dikatakannya, pengetahuan besar tentang dasar mekanisme gempa bumi, panduan teknis merencanakan dan melaksanakan rumah ramah gempa bumi, instalasi listrik ramah gempa dan bimbingan dan pemulihan kecemasan pascabencana.

Baca juga: MPM KM UNP Perdalam Wawasan tentang Legislatif, Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi di DPRD Sumbar

Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan sumber daya mengurangi resiko bencana dan dapat meningkatkan kapasitas kelembagaan masyarakat, dalam mengelola sumber daya serta pemeliharaan kearifan lokal bagi pengurangan risiko bencana.

Halaman:
CALON DPD RI PSU SUMATERA BARAT

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: