Dana RT, RW dan LPM Naik 200 Persen Hingga 2019

Senin, 02 November 2015, 21:30 WIB | News | Kota Padang
Dana RT, RW dan LPM Naik 200 Persen Hingga 2019
Wako Padang, Mahyeldi berserta Nely Bahar (ketua TP-PKK Padang) foto bersama pengurus RT, RW dan LPM beserta camat se-Kota Padang, usai menyerahkan bantuan operasional, Senin (2/11/2015) di Masjid Darul Hujaj, Asrama Haji, Tabing Padang. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Para pengurus RT, RW dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) se-Kota Padang, diberikan bantuan operasional yang terus ditingkatkan setiap tiga bulan. Hal ini diharapkan berbanding lurus dengan peningkatan partisipasi dalam mengurus warga.

"Pemberian bantuan operasional tersebut sebagai pengganti uang lelah bagi pengurus RT, RW dan LPM yang telah mengurus warga. Adanya elemen yang dipilih warga melalui mekanisme pemilihan tersebut, juga telah membantu pelaksanaan semua program pemerintah," ungkap Walikota Padang Mahyeldi Dt. Marajo, usai penyerahan, Senin (2/11/2015) di Masjid Darul Hujaj, Asrama Haji, Tabing Padang.

Dikatakan Mahyeldi, Pemko sangat menghargai pengabdian para pengurus RT, RW dan LPM, dalam pelaksanaan program pemerintah. Untuk itu, Pemko menganggarkan bantuan operasional bagi mereka sebagai ujung tombak pemerintahan.

"Pemko Padang menganggarkan bantuan operasional RT, RW dan LPM sebesar Rp10 miliar di 2015 ini. Jumlahnya akan terus ditingkatkan hingga jadi 200 persen sampai 2019 nanti," terangnya, dikutip dari siaran pers Pemko Padang.

Baca juga: Ini Harapan Gubernur Sumbar pada Peringatan Harhubnas 2024

Pada kesempatan yang dihadiri para RT, RW, Lurah dan camat ini, Mahyeldi juga menyampaikan berbagai program yang harus dikawal hingga di tingkat RT. Terutama tentang program Padang Bersih yang sudah dicanangkan sejak awal 2015.

Bagi warga yang melanggar Perda 21 Tentang pengelolaan sampah bakal ditipiringkan dan dikenai sanksi 3 bulan kurungan dan denda sebesar-besarnya Rp.5 juta. "Untuk itu, lurah melalui RT dan RW harus menggencarkan sosialisasinya, agar Padang yang bersih dan nyaman dapat diwujudkan," tegas Mahyeldi.

Dikatakan, RT dan RW sangat berperan menjaga suasana yang kondusif dan mewujudkan lingkungan yang bersih dan nyaman terkait menghadapi agenda-agenda pemerintah. Terlebih dewasa ini Kota Padang akan menjadi tuan rumah beberapa kegiatan besar.

Di antaranya City Sanitation Summit yang akan dihadiri delegasi dari 444 kabupaten/kota se-Indonesia pada November ini, juga pada April 2016 akan hadir angkatan laut dari 30 negara dalam agenda Naval Seal Komodo.

Baca juga: Gubernur Sumbar Ucapkan Terima Kasih Atas Semangat Kerelawanan yang Ditumbuhkan PMI

"Peran RT dan RW serta LPM sangat diharapkan dalam menjaga situasi dan kondisi lingkungan agar Kota Padang tetap kondusif dan nyaman dikunjungi. Dengan banyaknya orang berkunjung ke Padang nantinya akan mendorong percepatan tumbuhnya ekonomi masyarakat," urai Mahyeldi. (klg)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: