Ini Tips Memastikan Oli Palsu atau Asli

Sabtu, 19 November 2022, 20:45 WIB | Otomotif | Provinsi Sumatera Barat
Ini Tips Memastikan Oli Palsu atau Asli
Ilustrasi.

6. Nomor Produksi pada Kemasan Oli Tidak Ada atau Tidak Sesuai

Untuk mengetahui oli palsu, Carmudian juga bisa mengecek nomor produksi di kemasan olinya. Setiap oli selalu mempunyai nomor tersebut di kemasannya, sama seperti produk lain pada umumnya.

Ciri-Ciri Oli Asli

Berikut ciri-ciri yang dimiliki oleh oli asli:

  1. Tutup di desain oleh pabrikan oli menggunakan seal sebagai pengunci tutup botol sehingga tutupnya kencang. Selain itu, tutup botol di desain untuk sekali pakai.
  2. Setiap oli asli memiliki botol oli yang sudah dilengkapi dengan label dan stiker hologram bertanda khusus. Label oli asli biasanya dibuat dari bahan sticker vinyl.
  3. Botol oli biasanya terlihat baru, tidak kusam, tidak ada goresan atau penyok.
  4. Terdapat kode nomor produksi pada kemasan. Apabila Anda cek langsung pada bagian tutup botol dan botol oli maka kode nomor produksi sama. Anda juga bisa mengecek kode tersebut di internet untuk memastikan kode tersebut resmi dibuat oleh pabrikan oli ternama atau bukan.
  5. Oli memiliki warna kekuningan, bening, dan tidak keruh.
  6. Bila Anda mencium bau oli, tidak akan tercium bau aneh seperti gosong.
  7. Oli asli biasanya memiliki harga eceran tertinggi yang memungkinkan harga jual oli hampir sama di seluruh penjuru Indonesia.
  8. Oli asli memiliki kualitas terbaik karena telah diuji sesuai standar kebutuhan kendaraan, baik dari segi daya pelumas, atau segi meningkatkan performa mesin.
  9. Oli asli dapat merawat komponen mesin kendaraan menjadi awet bahkan berumur lebih panjang dari sebagaimana mestinya.

Biasanya, nomor produksi di oli terletak di dua tempat, yaitu di bagian botol dan tutup botolnya. Nomor produksi di kedua tempat ini harus ada dan sama. Ini merupakan indikator pertama yang bisa di pakai untuk memastikan keaslian sebuah produk oli. (kyo)

Halaman:
1 2
IKLAN PANTARLIH

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: