Realisasi Telah Lebihi Target, Mahyeldi: Potensi ZIS masih Belum Tergarap Maksimal

Selasa, 20 September 2022, 13:18 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Realisasi Telah Lebihi Target, Mahyeldi: Potensi ZIS masih Belum Tergarap Maksimal
Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi memberikan arahan pada Rakor Daerah dan Pra RKAT Baznas Kabupaten dan Kota se Provinsi Sumbar, dengan tema Harmonisasi Pengelolaan Zakat di Padang, Senin. (humas)

PADANG (19/9/2022) -Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi meminta Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumbar, terus meningkatkan literasi masyarakat tentang zakat.

Pasalnya, masih banyak potensi zakat Sumbar yang mencapai Rp3,2 triliun belum maksimal pengumpulannya.

Hal itu disampaikan Mahyeldi saat memberikan sambutan membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) Daerah dan Pra RKAT Baznas Kabupaten dan Kota se Provinsi Sumbar, dengan tema Harmonisasi Pengelolaan Zakat di Padang, Senin.

Potensi zakat yang masih besar, menurut Mahyeldi, adalah potensi zakat produktif dan sembilan jenis zakat harta (mal) lainnya.

Baca juga: 7 Penerima Beasiswa Baznas Agam Lulus Cumlaude, Ini Kata Isman Imran

Pengumpulan masih banyak tertuju pada zakat pendapatan dan jasa. Itupun masih terfokus pada aparatur sipil negara (ASN).

"Karena itu Baznas harus bisa terus meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat untuk berzakat. Bersinergi dengan pemerintah daerah, baik meningkatkan potensi maupun pendistribusiannya," ujar dia.

Meski begitu, Mahyeldk mengapresiasi capaian atau realisasi pengumpulan dan pendistribusian zakat oleh Baznas Sumbar yang telah jauh melebihi target yang ditetapkan

Ketua Baznas Sumbar, Dr Buchari dalam laporannya menyebut, saat ini Baznas Sumbar mencatat telah mampu mencapai realisasi zakat melebihi target awal sebesar Rp475,38 miliar lebih, terealisasi sebesar Rp675 miliar lebih.

Baca juga: Sekda Bukittingi Lantik 4 Pimpinan BAZNas Pengganti Antar Waktu Periode 2020-2025

"Ini tentu kebanggaaan bagi kita bersama," kata Buchari.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: