KTT IORA Sukses, Mahyeldi: Minang Makin Mendunia

Minggu, 25 Oktober 2015, 22:17 WIB | News | Kota Padang
KTT IORA Sukses, Mahyeldi: Minang Makin Mendunia
Menlu RI, Retno Marsudi bersama Mahyeldi (Wako Padang), jelang memasuki ruang pertemuan KTT IORA, Kamis (22/10/2015) di Padang. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews -- Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) Menlu anggota IORA pada 20-23 Oktober 2015 di Kota Padang, ditutup Jumat (23/10/2015). Iven internasional yang mempertemukan 20 delegasi negara-negara yang berbatasan dengan Samudera Hindia ini, diakhiri dengan suasana kebersamaan dalam jamuan makan malam yang bertajuk "Minangkabau Cultural Gala Dinner."

Walikota Padang, Mahyeldi Dt Marajo menyampaikan, atas nama Pemerintah Kota Padang mengucapkan terima kasih kepada pihak panitia penyelenggara dan seluruh unsur dan masyarakat Kota Padang, karena telah mampu menyukseskan penyelenggaraan KTT IORA di Padang yang dituan rumahi oleh Indonesia.

Mahyeldi pun berharap, IORA tidak saja menghasilkan dampak bagi antar negara saja, namun juga berdampak antar kota ke kota di setiap negara anggota IORA. Dimana, hasil-hasil pertemuan tingkat menteri IORA tersebut telah berfokus pada enam hal. Antara lain kerja sama dalam keamanan maritim, ekonomi, mitigasi bencana, pendidikan, teknologi dan pariwisata.

"Untuk di Indonesia sendiri telah menyikapi dengan terbentuknya Indonesia -- IOLGF yang pesertanya 70 kabupaten/kota di Indonesia. Ini menandakan, bahwa Indonesia cukup siap untuk mendukung berbagai kerja sama yang disepakati dalam KTT IORA ini ke depan," sebut Mahyeldi dikutip dari siaran pers Pemko Padang.

Baca juga: Granat Sumbar: Gerakan Anti Narkoba Layak Masuk Kurikulum Muatan Lokal di Setiap Satuan Pendidikan

Mahyeldi melanjutkan, ia bersyukur selama pelaksanaan IORA telah memberikan dampak positif bagi Kota Padang khususnya. Di antaranya seperti dalam sektor pariwisata, perdagangan dan kebudayaan. Sementara itu, perihal 6 bentuk kerja sama yang disepakati dalam IORA, ia berharap Kota Padang juga diikutsertakan.

"Kita bersyukur, selama IORA menyebabkan sejumlah hotel bintang empat dan lima di Padang mengalami peningkatan kunjungan. Di samping itu, hasil perdagangan kita juga meningkat dan lebih dari itu hasil pariwisata dan kebudayaan Minangkabau juga kita perkenalkan di hadapan tamu-tamu internasional ini," ujarnya. (vri)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: