UMKM harus Diberi Pasar Lebih Luas

Minggu, 25 Oktober 2015, 10:56 WIB | Olahraga | Kota Padang
UMKM harus Diberi Pasar Lebih Luas
Wako Padang, Mahyeldi didampingi Harneli Bahar (Ketua Dekranasda Padang) bersama manajemen PT Solindo Duta Convex, membukul beduk tanda dimulainya Padang Fiesta 2015, Kamis (15/10/2015) malam. Pameran ini digelar di Komplek GOR Agus Salim. (humas)

VALORAnews -- Walikota Padang, Mahyeldi Dt Marajo mengatakan, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) adalah salah satu motor penggerak ekonomi di Kota Padang. Bila mereka diberikan akses yang lebih luas untuk pengembangan pasar usaha, niscaya mereka akan lebih cepat berkembang.

"Saya gembira dengan adanya pameran seperti ini karena akan mendorong UMKM lebih maju dan berkembang. Selain sebagai salah satu penggerak ekonomi, UMKM merupakan basis usaha rakyat yang perlu mendapat pasar lebih luas," ujar Mahyeldi saat membuka Padang Fiesta 2015 yang digelar di pelataran parkir GOR H Agus Salim, Padang, Kamis (22/10/2010) malam.

Sedikitnya, 200 stand ramaikan pameran berbagai produk industri mikro kecil menengah hingga besar tersebut. Pembukaan oleh Mahyeldi, ditandai dengan menabuh beduk bersama Ketua Dekranasda Harneli Mahyeldi dan pihak penyelenggara PT Solindo Duta Convex.

Mahyeldi mengapresiasi pameran yang cukup banyak mengakomodir produk UMKM ini. Menurutnya, untuk menciptakan pasar bagi UMKM, dia mengambil kebijakan tidak memberikan izin terhadap retail (waralaba) dari luar yang tidak berbasis lokal.

Baca juga: Andree Algamar Dilantik jadi Pj Walikota Padang, Mahyeldi: Selesaikan Permasalahan Masyarakat

"Sampai sekarang saya tidak mengizinkan waralaba atau usaha sejenis yang menjadikan Padang sebagai 'lapau,' tetapi tidak mengakomodir produk UMKM di daerah ini," tegas Mahyeldi, dikutip dari siaran pers Pemko Padang.

Jika pasar modern atau waralaba ingin membuka usaha di Padang, lanjut Mahyeldi, yang bersangkutan harus mau menerima syarat untuk menampung sedikitnya 20 persen produk lokal dan memberi tempat 20 persen pedagang kaki lima.

"Syarat ini kita tentukan agar masyarakat setempat tidak jadi konsumen saja melainkan juga menjadi tuan rumah dan pelaku," ulasnya.

Mahyeldi juga mengingatkan dunia usaha di Kota Padang, agar lebih meningkatkan kualitas dari produknya agar mampu bersaing di pasar yang lebih luas. "Kualitas produk harus ditingkatkan, terutama kemasan harus dibuat lebih menarik," katanya. (vri)

Baca juga: Bencana Lahar Dingin Sumbar, BSI Bantu Rp200 Juta, Apical Grup Distribusikan 6 Ton Minyak Goreng

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: