KPU Sijunjung Inginkan Pemilih Cerdas nan Motivatif

Kamis, 22 Oktober 2015, 19:21 WIB | Wisata | Kab. Sijunjung
KPU Sijunjung Inginkan Pemilih Cerdas nan Motivatif
Kordiv Sosialisasi KPU Sijunjung, Lindo Karsyah saat memaparkan tentang pemilihan serentak 2015 di Jorong Kabun, Nagari Sisawah, Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung, Kamis (22/10/2015). (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews -- Seorang warga Jorong Kabun, Nagari Sisawah, Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung bertanya; "Apa tujuan acara sosialisasi KPU Sijunjung ini? Apa hanya sekadar memberi informasi Pilkada Serentak atau penyelenggara Pilkada menghendaki kami jadi pemilih cerdas?"

Komisioner KPU Kabupaten Sijunjung, Lindo Karsyah terkejut mendengarnya. Lantaran pertanyaan yang muncul bukan dari masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan atau warga yang berdomisili dekat pusat informasi pemerintahan, melainkan warga yang hidup di nagari terisolir.

Sebuah jorong terpencil dari ibukota kabupaten. Untuk bisa sampai ke sana, naik bukit turun lembah. Jalannya berjurang dan bertanah. Tidak datar dan berlobang. Kendati jaraknya sekitar 10 kilometer dari Muaro Sijunjung, waktu tempuhnya sama dengan menempuh perjalanan dari Muaro Sijunjung ke Kota Solok.

Lindo Karsyah mengatakan, pada acara yang dihadiri ratusan warga di Masjid Kabun itu, sosialisasi Pilkada Sijunjung 2015 bertujuan menjadikan pemilih motivatif. Pemilih motivatif tidak hanya sekadar cerdas, melainkan punya semangat menyakinkan diri sendiri dan sebanyak mungkin orang lain, untuk datang ke tempat pemunggutan suara (TPS).

Baca juga: Nagari Sisawah Terima Ambulance, Dananya dari BKK Anggota DPRD Sumbar Daswanto

"Pemilih cerdas dalam penelitian yang dilakukan KPU, banyak yang tidak menyalurkan hak pilihnya. Mereka pesimistis. Tapi pemilih motivatif adalah pemilih yang optimistis, bahwa Pilkada momen perwujudan kedaulatan rakyat untuk mengubah nasib mereka dan daerah. Dengan memilih mereka bisa berharap," kata Lindo.

Usai pertanyaan pembuka, acara yang dihadiri anggota Panwaslu Kabupaten Sijunjung, Juni Wandri dan A Rosa itu, dilanjutkan dengan diskusi kelompok. Masing-masing juru bicara sebelum membacakan pertanyaan kelompok, selalu meneriakan yel yel. Jika juru bicara ucapkan; "Sijunjung", hadirin menjawab; "pilkada". Jika juru bicara sebut; "pilkada", yang lain meneriakan; "Sijunjung". (relis)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024