Peer Learning Meeting Provinsi Pustakawan Sumbar: Novrial: Jadikan Perpustakaan Lokasi Nyaman dan Menyenangkan

Selasa, 12 Juli 2022, 22:16 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Peer Learning Meeting Provinsi Pustakawan Sumbar: Novrial: Jadikan Perpustakaan Lokasi...
Kepala Dinas Perpustakaan Sumatera Barat, Novrial memberikan arahan pada kegiatan PLM 2022 di Padang, Selasa pagi. (mangindo kayo)

Adapun tujuan penyelenggaraan PLM tahun ini adalah sebagai berikut:

  1. Memfasilitasi proses saling belajar dan berbagi pengalaman, capaian keberhasilan dan area of improvement dalam implementasi program
  2. Meningkatkan komitmen, motivasi dan kepercayaan diri peserta untuk terus melaksanakan strategi program
  3. Memberikan pengetahuan dan keterampilan baru bagi peserta untuk penguatan implementasi program
  4. Menyusun rencana tindak lanjut implementasi program
  5. Memberikan apresiasi bagi perpustakaan kabupaten & desa terbaik di tingkat provinsi

Diketahui, Perpusnas saat ini tengah mendorong gerakan literasi untuk memperbaiki kesejahteraan rakyat. Dimana, Perpurnas sejak tahun 2018 lalu, menyelenggarakan kegiatan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program prioritas nasional 2020-2024 dengan tujuan untuk memperkuat peran perpustakaan umum dalam meningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang unggul melalui peningkatan kemampuan literasi untuk mewujudkan Indonesia maju.

Transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial menitikberatkan pada peningkatan kapasitas pengelola perpustakaan agar dalam memberikan layanan perpustakaan mampu memahami kebutuhan masyarakat, memberikan inovasi layanan dengan melibatkan keterlibatan masyarakat dan membangun kerjasama dengan berbagai pihak untuk mewujudkan layanan perpustakaan yang sesuai kebutuhan masyarakat.

PLM Provinsi tahun 2022 dilakukan secara tatap muka (onsite) di 33 lokasi untuk 34 provinsi, termasuk Provinsi DKI Jakarta dan DIY Yogyakarta yang tahun ini jadi mitra program.

Pada pelaksanaan PLM tahun 2022 ini dibagi dalam 5 gelombang dimana setiap gelombang dilaksanakan di 6-7 provinisi.

Peserta yang dilibatkan berasal dari Dinas Perpustakaan Provinsi, Dinas Perpustakaan Kabupaten, Perpustakaan Desa, Impact/Dampak dan Desa Champion.

Peserta PLM akan diharapkan dapat saling belajar, menghargai capaiannya masing masing dan capaian perpustakaan lain.

Melalui PLM provinsi ini, perpustakaan dapat lebih membuka diri dan rendah hati belajar dari keberhasilan perpustakaan lainnya dan menjadikannya sebagai motivasi meningkatkan strategi pengembangan perpustakaan.

Perpusnas mempercayakan proses fasilitasi sesi-sesi dalam PLM Provinsi dilakukan oleh para Master Trainer dan Fasilitator Daerah yang merupakan pelaku implementasi program, sehingga dapat membagikan best practices atau pengalaman baik dalam melaksanakan transformasi perpustakaan selain memberikan dukungan kepada penguatan sumber daya di daerah.

Selain itu, salah satu sesi dalam PLM Provinsi ini menghadirkan narasumber lokal dari masing-masing provinsi.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: