Lomba Essay dan Dialog Meriahkan KTT IORA

Sabtu, 17 Oktober 2015, 17:12 WIB | News | Kota Padang
Lomba Essay dan Dialog Meriahkan KTT IORA
Wako Padang, Mahyeldi Dt Marajo menyerahkan hadiah secara simbolis pada pembalap Jepang, Sho Hatsuyama pada penutupan Toud de Singkarak 2015 di Danau Cimpago, Purus, Minggu (11/10/2015). (humas)

VALORAnews - Guna menyemarakkan Konferensi Tingkat Tinggi Indian Ocean Rim Association (KTT IORA) di Kota Padang, Pemko menggelar sejumlah lomba. Di antaranya, lomba penulisan essay berbahasa Inggris, dengan tema IORA serta dialog tentang pertemuan yang dihadiri 15 dari 20 menteri luar negeri anggota organisasi itu.

Demikian dikatakan Ketua Panitia Pelaksana KTT IORA, Didi Aryadi, di kediaman Walikota Padang, Kamis (15/10/2015) malam. Lomba itu digelar sebelum KTT IORA dimulai. Lomba penulisan essay digelar Sabtu (16/10/2015), mulai pukul 07.30 WIB.

Lomba dipusatkan di Banjir Kanal GOR H Agus Salim Padang. Tema IORA akan diangkat pada lomba essay tersebut, dimana peserta mesti memaparkan pandangannya tentang IORA itu sendiri. "Peserta berasal dari SMP dan SMA se-Kota Padang," ujarnya.

Didi mengatakan, nantinya seluruh hasil penulisan essay ini, akan dikumpulkan untuk kemudian dijilid jadi sebuah buku. Rencananya, buku itu akan dibagikan kepada seluruh peserta IORA dari berbagai negara. "Buku itu akan dijadikan souvenir bagi negara peserta IORA," imbuh Didi.

Baca juga: Andree Algamar Dilantik jadi Pj Walikota Padang, Mahyeldi: Selesaikan Permasalahan Masyarakat

Sementara, pada siang harinya juga digelar lomba dialog IORA. Lomba ini dipusatkan di Palanta kediaman Walikota Padang di Jl A Yani. Sebanyak 12 SMA dan SMK ikut serta dalam lomba ini.

Juri penilai lomba dialog IORA, Rico Chandra Negara mengatakan, setiap peserta mesti memiliki topik dan ide yang akan diangkat dalam dialog tersebut. Tiga ide terbaik akan meraih hadiah dari panitia. "Mereka akan berdiskusi tentang IORA pada pukul 13.00 WIB hingga sore," kata Rico.

Rico membocorkan, ide yang paling bernas tentang kerjasama yang diusulkan pastinya akan mendapat perhatian lebih. Peserta awalnya, akan mencabut lot yang berisi sejumlah negara peserta IORA. Apabila peserta mendapatkan lot untuk mewakili suatu negara, peserta tersebut diharuskan berdialog dengan peserta lain yang juga mewakili suatu negara.

"Mereka akan saling melempar ide tentang kerjasama yang akan dijalin. Ide terbaik tentunya akan jadi pemenang," kata Rico yang juga transletter Walikota Padang itu.

Baca juga: Pindah Partai di Pemilu 2024, Dua Anggota PAW DPRD Padang dari Partai Berkarya Dilantik

Dengan digelarnya dialog itu, seluruh peserta didik termasuk guru sekolah, akan mengenal apa itu IORA. Keduabelas SMA dan SMK peserta itu di antaranya yakni SMA 1, SMA 2, SMA 6, SMA 7, SMA 10, SMA 11, SMA 13, SMA 14, SMA 15, SMA dan SMK Semen Padang. (vri)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: