Ponpes Darul Ulum Simpan Potensi Budidaya Perikanan

Rabu, 15 Juni 2022, 20:30 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Ponpes Darul Ulum Simpan Potensi Budidaya Perikanan
Gubernur Sumbar, Mahyeldi foto bersama pengasuh Ponpes Darul Ulum di Jl Pintu Angin Lori, Kelurahan Lubuk Minturun, Selasa. (humas)

PADANG (14/6/2022) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menilai, di lokasi Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ulum di Jl Pintu Angin Lori, Kelurahan Lubuk Minturun, berpotensi dijadikan lokasi budidaya perikanan. Mengingat, sumber air sangat melimpah di kawasan kaki bukit di bagian timur Kota Padang tersebut.

"Maksimalkan potensi lahan yang luas dan kondisi alam yang banyak air di sini. Bisa dikembangkan untuk peternakan ikan dan tanam-tanaman produktif. Sehingga, akan jadi bagian dari kemandirian ekonomi pondok pesantren," ungkap Mahyeldi, Selasa.

Pernyataan itu disampaikan Mahyeldi, saat mengunjungi Ponpes Darul Ulum dalan rangka peletakkan batu pertama gedung belajar. Lokasi baru ini berada di areal seluas kurang lebih dua hektar.

Menurut Mahyeldi, tempat ini sangat representatif dan cocok untuk pendidikan. Santri bisa belajar dengan tenang. "Ciptakan lingkungan yang teduh, nyaman. Pemprov Sumbar akan memberikan dukungan, di antaranya untuk akses jalan, kedepan bisa diperbaiki dengan betonisasi," tambah Mahyeldi.

Baca juga: Mahyeldi Paparkan Beda Fasilitas Antisipasi Bencana di Gunung Marapi Sumbar dan Merapi Yogyakarta ke Komisi V DPR RI

Berharap kawasan Lori akan menjadi kawasan pendidikan, karena di kawasan sekitar terdapat banyak Ponpes lainnya di antaranya Perguruan Ar Risalah.

Sementara, Pimpinan Ponpes Darul Ulum, Abuya H Tgk Darmis Muar mengapresiasi kehadiran gubernur ke Ponpes Darul Ulum, yang baru saja pindah ke lokasi baru tersebut sejak awal Februari lalu.

Karena keterbatasan dana, Abuya Darmis mengatakan, akan membangun fasilitas Ponpes secara bertahap sesuai kemampuan.

"Saat ini, total santri 328 orang dengan satri baru ada 118 orang. Untuk Rombel kita perlu 15 dan saat ini baru ada 11 yang sebagian di antaranya masih bangunan darurat," ungkap dia.

Baca juga: UPDATE: Korban Meninggal Dunia Banjir Bandang di Sumbar jadi 34 Orang

"Kami bersyukur sekali, hari ini pak gubernur bisa hadir peletakkan batu pertama. Semoga akan menambah semangat kami untuk terus berusaha," ungkap Abuya Darmis.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: