Harga Cabai dan Bawang Meroket, Pemko Bukittinggi Gelar Bazar Murah Sembako

Rabu, 15 Juni 2022, 16:51 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Harga Cabai dan Bawang Meroket, Pemko Bukittinggi Gelar Bazar Murah Sembako
Ketua TP PKK Bukittinggi, Fiona Erman Safar meninjau pelaksanaan Bazar Murah Sembako di halaman Dinas Pertanian dan Pangan, Rabu. (hamriadi)

BUKITTINGGI (15/6/2022) - Pemko Bukittinggi gelar bazar murah Sembako di dua tempat, halaman Dinas Pertanian dan Pangan serta halaman kantor Camat Guguak Panjang. Bazar ini pelaksanaannya didukung Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

"Bazar sembako murah ini dilaksanakan untuk menekan laju inflasi akibat lonjakan harga Sembako di pasaran. Sejak beberapa hari terakhir, harga cabai dan bawang terus mengalami kenaikan yang signifikan," ungkap Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Bukittinggi, Melwizardi, Rabu.

Dikatakan, Bazar ini merupakan langkah nyata kepedulian Wali Kota Bukittinggi, untuk meringankan beban masyarakat. Dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti kenaikan beberapa bahan pangan di Bukittinggi.

Antara lain, cabai yang harga eceran sudah mencapai Rp110-120 ribu per kg, bawang mencapai Rp50 ribu per kg. "Kenaikan itu sudah mencapai lebih 2 kali jika dibandingkan saat puasa dan lebaran," ungkap Melwizardi didampingi Kabid Pangan, Nelfia.

Baca juga: Bukittinggi Tawarkan 15 UMKM untuk Calon Peserta Temu Bisnis, Fiona: Semuanya Layak Dipilih

Bazar murah sembako ini, terselenggara berkat dukungan Dinas Pangan Sumbar serta TP PKK Kota Bukittinggi.

Ada beberapa item Sembako yang dipasok langsung dari petani Bukittinggi dan Agam. Selain itu, juga ada yang dibawa Dinas Pangan Provinsi Sumatra Barat melalui Toko Tani Indonesia Center (TTIC).

Bazar ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk memperoleh harga bahan pokok di bawah harga pasar dan tujuan lebih luas untuk lakukan intervensi pasar.

"Jika harga masih tinggi, kita lakukan lagi kegiatan ini bersama OPD terkait lainnya," terang dia.

Baca juga: Fiona Erman Safar Kukuhan Bunda PAUD Kecamatan dan Kelurahan di MKS

Pada bazar murah Sembako ini, bawang merah besar dijual dengan harga Rp17.000.-/ kg. Harga cabai kg Rp23.000.-. Harga bawang kecil kg Rp20.000,-. Selain itu, juga ada minyak goreng, telur dan gula yang dijual lebih murah dari pasaran.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: