Novermal Dorong Percepatan Penanganan Sungai dan Irigasi Kewenangan Provinsi dan Pusat

Selasa, 14 Juni 2022, 21:47 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
Novermal Dorong Percepatan Penanganan Sungai dan Irigasi Kewenangan Provinsi dan Pusat
Anggota DPRD Pesisir Selatan, Novermal menghadiri rapat dengan Dinas SDA-BK Sumbar dan Balai Sungai (BWSS V-red) di Padang, Senin (13/6/2022). (humas)

"Tahun ini, disiapkan DED jaringan dan bendungnya, dan tahun depan, direncanakan pengerjaan fisik bendungannya," ujar Novermal sembari memohon doa masyarakat semoga SK Menteri PUPR tentang kenaikan statusnya menjadi kewengan Provinsi cepat keluar.

"Supaya fisik jaringannya juga bisa dikerjakan sekalian," tegasnya.

Balai Sungai, lanjut Novermal, juga akan menangani irigasi Lubuk Buaya yang sudah lama mangkrak. "Tahun ini dilakukan pembebasan lahan jaringan sebelah kiri, tahun 2023 rehab jaringan sebelah kanan, dan tahun 2024 pembangunan jaringan sebelah kiri," jelasnya.

Baca juga: DPRD Pessel Usulkan Perda Inisiatif Tata Niaga TBS Sawit, Karet dan Gambir, Ini 9 Pengusulnya

"Kalau irigasi ini selesai, bisa mengairi 3.500 hektar sawah di Air Haji dan Punggasan," tambahnya.

"Irigasi Koto Salapan di Ranah Pesisir dan Talang Kemuning Jaya di Linggo Sari Baganti juga akan terus ditangani oleh Dinas SDA-BK Provinsi Sumbar," ujar Novermal lagi.

"Kerusakan alur sungai Batang Pelangai juga jadi perhatian Dinas SDA-BK," tambahnya. "Termasuk penanganan Batang Tapan yang kini dibantu Balai Sungai Rp20-an miliar," urai dia.

"Penanganan Irigasi Lubuk Kubang di Lakitan Lengayang yang belum punya bendung dan jaringan, tahun ini DED-nya dikerjakan," sebut Novermal menambahkan.

"Saya juga meminta Dinas PUTR Pessel memikirkan irigasi untuk sawah di Nagari Sungai Liku Pelangai di Ranah Pesisir," urai Novermal lagi.

"Program pompanisasi di sana tidak berhasil, dan sawahnya kini masih tadah hujan," jelasnya sembari berharap sekalian untuk sawah yang ada di Padang Laban dan Lakitan.

Untuk itu, Novermal mendesak Pemkab Pessel supaya lebih serius mengurus pembebasan lahan, dan menyiapkan quari material galian C berizin, guna mendukung percepatan penanganan sungai dan daerah irigasi kewenganan Provinsi dan Pusat di Pesisir Selatan.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: