Seminar Keuangan Daerah dan Reformasi Birokrasi, Guru Besar IPB Dihadirkan

Selasa, 14 Juni 2022, 19:17 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Seminar Keuangan Daerah dan Reformasi Birokrasi, Guru Besar IPB Dihadirkan
Wagub Sumbar, Audy Joinaldy foto bersama peserta dan pemateri Seminar Keuangan Daerah dan Reformasi Birokrasi di auditorium gubernuran, Selasa. (humas)

Berkaitan dengan kinerja keuangan Daerah Sumatera Barat itu pula, Prof Noer Azam Achsani, Ketua Indonesia Economist Association (ISEI) Bogor Raya dari Sekolah Bisnis IPB mengatakan, di sektor ekonomi dalam sepuluh tahun terakhir, Sumbar memiliki potensi besar yang bisa dikembangkan.

Meski secara kontribusi terhadap perekonomian nasional masih di bawah rata-rata, namun ekonomi Sumatera Barat tumbuh melebihi rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional.

Berdasarkan analisis perkembangan dan pertumbuhan ekonomi daerah, Noer Azam menyarankan agar Pemprov Sumbar, menitikberatkan pengembangan ekonomi pada dua sektor, yaitu pariwisata dan pertanian.

Baca juga: Kakanwil Kemenkum HAM Sumbar Silaturahmi dengan Gubernur dan Wagub, Ini Harapan Mahyeldi

"Sektor pariwisata di Sumbar memiliki pertumbuhan sebesar 13 persen tertinggi sepanjang triwulan pertama tahun ini, sementara sektor pertanian merupakan penyumbang terbesar terhadap perekonomian Sumatera Barat dengan kontribusi sebesar 25.8 persen pada tahun 2021 lalu," pungkasnya. (kyo)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: