Kisah Ibu-ibu di Gunung Padang Kehilangan Serial FTV di Peralihan Siaran Analog ke Digital

Jumat, 10 Juni 2022, 22:46 WIB | News | Kota Padang
Kisah Ibu-ibu di Gunung Padang Kehilangan Serial FTV di Peralihan Siaran Analog ke Digital
Ilustrasi.

PADANG (10/6/2022) - Tinggal di perbukitan dengan banyak pepohonan, memaksa warga yang bermukim di sekitaran Gunung Padang, terbiasa menikmati siaran televisi dengan tambahan parabola atau tivi berlangganan.

"Beberapa waktu lalu, para ibu-ibu pecinta salah satu serial FTV di rumah, sempat panik saat siaran RCTI tak lagi bisa diakses. Setelah tanya sana-sini, akhirnya diketahui penyebabnya adalah peralihan siaran analog ke digital (ASO)," ungkap Riki, warga setempat, Jumat.

Mengatasi masalah itu, terangnya, dibelilah perangkat Set Top Box (STB) ke toko elektronik di Pasar Raya Padang.

"Tak mahal. Masangnya juga tak ribet. Akhirnya, ibu-ibu pencinta FTV kembali ceria menikmati sinetron kejar tayang mereka," ungkap Riki sembari tersenyum, mengenang keriuhan yang sempat terjadi di keluarga besarnya.

Baca juga: Karang Taruna Agam Tanam 2 Ribu Tanaman Produktif di Jalan Menuju Objek Wisata

Menyongsong ASO (Analog Switch Off), Kemenkominfo telah merancang langkah strategis agar amanat UU Cipta Kerja ini bisa berjalan dengan baik dan mulus. Dimana, setiap Lembaga Penyiaran Swasta, Lembaga Penyiaran Publik Lokal dan Lembaga Penyiaran Komunitas yang memiliki Izin Penyelenggaraan Penyiaran (IPP), diharuskan untuk melaksanakan migrasi siaran televisi analognya ke siaran televisi digital.

Pasal 72 angka 8 Undang-undang Cipta Kerja (sisipan Pasal 60A Undang-undang Penyiaran) telah mengamanatkan batas akhir penghentian siaran telvisi analog (analog switch off) paling lambat pada 2 November 2022.

Di antara langkah yang telah dilakukan yakni pertama, mempersiapkan infrastruktur. Saat ini, infrastruktur di Sumbar sudah bisa menjangkau 70 persen lebih dari populasi.

Langkah kedua yaitu menyiapkan pemindahan program siarannya. Ketika masyarakat beralih ke TV digital, harapannya bisa menonton siaran yang sebelumnya ditonton di analog. Di Padang ini, ada 20 siaran TV analog. Inilah yang akan dipindahkan ke digital.

Baca juga: PT Panasonic Indonesia buka Lowongan Kerja, Batas Akhir Lamaran 3 Desember 2023, Daftar Disini!

Hal ketiga adalah perangkat, Set Top Box (STB). Ini alat penting untuk menonton siaran TV Digital. Masyarakata hanya perlu memastikan STB-nya bersertifikasi. Bagi rumah tangga miskin, pemerintah bersama lembaga penyiaran menyiapkan bantuan STB.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: