Rekor MURI Akan Hiasi Pembukaan KTT IORA

Selasa, 13 Oktober 2015, 21:51 WIB | News | Kota Padang
Rekor MURI Akan Hiasi Pembukaan KTT IORA
Wako Padang, Mahyeldi bersama Didi Aryadi (ketua KTT IORA lokal Padang), saat dialog dengan warga di RRI Padang, 5 Oktober 2015. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews -- Ketua Pelaksana Konferensi Tingkat Tinggi Indian Ocean Rim Association (KTT IORA), Didi Aryadi mengatakan, iven yang digelar 20-23 Oktober 2015 nanti, langsung di bawah naungan Kementerian luar Negeri (Kemenlu) RI. Sedangkan Kota Padang sebagai panitia lokal, untuk menfasilitasi kegiatan dengan sebaik mungkin sekaligus membesarkan gaungnya.

"Banyak yang bisa diserap dari iven international ini. Seperti, publik jadi menyadadari bahwa iven berkelas international tidak hanya bisa digelar di Bali dan Jakarta saja. Padang juga memiliki potensi yang tidak kalah dengan kota besar lainnya di Indonesia," ungkap Didi Aryadi mengenai arti penting KTT IORA bagi ibu kota provinsi Sumbar itu.

Dengan KTT IORA ini, terangnya, Padang memiliki nilai tawar tinggi dibandingkan kabupaten/kota lainnya. Selain itu, pengusaha lokal Kota Padang juga dapat leluasa berhubungan langsung dengan pengusaha dari anggota IORA.

"Sekitar 15 dari 20 menteri luar negeri negara anggota IORA, memastikan diri hadir di KTT IORA di Padang. Juga dipastikan, hadir enam negara peninjau antara lain Amerika, China, Inggris, Mesir, Prancis dan Jepang," ungkapnya.

Baca juga: Granat Sumbar: Gerakan Anti Narkoba Layak Masuk Kurikulum Muatan Lokal di Setiap Satuan Pendidikan

Pada hari perdana, 20 Oktober 2015 merupakan hari pembukaan KTT. Hari kedua, digelar Workshop Economic Forum IORA. Hari ketiga dengan agenda pembahasan investasi dan perdagangan serta puncaknya council minister meeting and related meeting sebagai pertemuan tertinggi KTT IORA yang dihadiri menteri luar negeri-negara anggota IORA, bukan kepala negara.

Di momen itu, juga akan dilakukan pemecahan rekor Muri yaiotu penampilan 1.200 talempong di sela-sela penyelenggaraan KTT IORA di Pantai Padang. "Kita menyiapkan sebanyak 1.200 talempong, dengan jumlah penari 600 orang. Masing-masing orang, akan memainkan 2 telompong," sebutnya.

Selain itu, juga akan dilakukan pelepasan anak penyu (tukik) oleh para Menteri Luar Negeri yang hadir dalam IORA di Pantai Padang. "Kita mengharapkan seluruh warga dapat menyuskeskan KTT IORA dengan tetap menjaga kondisifitas keamanan dan kebersihan di Kota Padang tercinta," harapnya. (vri)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: