Gubernur Wacanakan Ranperda Gambir: Kualitas Gambir Asal Sumbar Acap Tak Standar, Pengusaha: Siap Beli Mahal untuk Kualitas Terbaik

Selasa, 15 Februari 2022, 13:16 WIB | Bisnis | Provinsi Sumatera Barat
Gubernur Wacanakan Ranperda Gambir: Kualitas Gambir Asal Sumbar Acap Tak Standar,...
Gubernur Sumbar, Mahyeldi pada pertemuan antara para eksportir gambir asal India dengan asosiasi dan kelompok tani gambir di Sumbar, Senin malam. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

PADANG (14/2/2022) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menilai, penatausahaan komoditi gambir perlu diatur dalam sebuah regulasi setingkat Peraturan Daerah (Perda).

"Salah satu poin penting dengan adanya regulasi tersebut nantinya adalah, adanya standardisasi harga gambir, sehingga bisa memberikan kepastian dan kestabilan harga komoditi unggulan Sumbar itu," ungkap Mahyeldi pada pertemuan antara para eksportir gambir asal India dengan asosiasi dan kelompok tani gambir di Sumbar, Senin malam.

Asosiasi petani gambir yang hadir, berasal dari Kabupaten Limapuluh Kota dan Asosiasi Petani Gambir Pesisir Selatan. Pertemuan digelar di ruang rapat gedung istana, komplek gubernuran Sumbar.

Menurut dia, kata kunci untuk menjawab persoalan gambir adalah menjaga kualitas. Caranya melalui peran aktif pemerintah melalui Dinas Pertanian, untuk secara intensif melakukan pembinaan dan evaluasi berbagai kekurangan.

Baca juga: Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra, Sumbar Cetak Hattrick

"Selama ini, dinas kurang perhatian terhadap mutu ini. Perlu pembinaan pada petani sekaligus evaluasi, mungkin peralatannya, mungkin pengetahuannya. Insya Allah, kita akan siapkan Ranperda-nya nanti untuk jadi dasar pengaturan gambir termasuk penetapan harga dasar," kata Mahyeldi.

Ditambahkan, petani dan pengusaha saling membutuhkan. Hubungan saling menguntungkan harus menjadi dasar. Karena itu, dia mengapresiasi pertemuan tersebut.

"Petani dan pengusaha sudah mau datang, duduk bersama seperti ini, sudah merupakan wujud niat baik. Mari kita bangun semangat kebersamaan. Semoga, petani gambir lebih terorganisir dan hubungan dengan pengusaha juga semakin lebih baik," tambahnya.

Turut hadir dalam pertemuan ini, Asisten II Setdaprov Sumbar, Wardarusmen, Kepala Dinas Pertanian, Syafrizal, Ketua Kadin Sumbar, Ramal Saleh, Asosiasi Petani Gambir Pesisir Selatan serta Forum Peduli Petani Gambir Kapur IX, Kabupaten Limapuluh Kota.

Baca juga: Ini Harapan Gubernur Sumbar pada Peringatan Harhubnas 2024

Sebelumnya dalam pemaparan, salah seorang perwakilan eksportir gambir asal India, Rajes menyebut, sebagai pengusaha, mereka sangat siap membeli gambir produksi masyarakat dengan harga tinggi asal produknya bagus dan berkualitas.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: