Blank Spot di Pasaman Barat Tersisa di 13 Jorong

Senin, 14 Februari 2022, 17:51 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Blank Spot di Pasaman Barat Tersisa di 13 Jorong
Kepala Bidang Layanan e-Government dan Aplikasi Diskominfo Pasaman Barat di Simpang Ampek, Sunarto. (robi irwan)

PASAMAN BARAT (14/2/2022) - Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Pasaman Barat, mencatat wilayah blank spot di Pasbar tersebar di 28 jorong pada 2021 lalu. Setelah dilakukan pembangunan 16 tower di tahun anggaran 2021, tersisa 13 wilayah blank spot lagi di tahun 2022 ini.

"Semoga, jorong-jorong ini juga bisa kita sediakan jaringan telekomunikasi sehingga masyarakat bisa terlayani dengan baik," harap Kepala Bidang Layanan e-Government dan Aplikasi Diskominfo Pasaman Barat di Simpang Ampek, Sunarto, Senin.

Ketigabelas jorong tersebut yakni Jorong Sawah Mudik Batahan, Silayang Mudiak Batahan, Sigantang Batahan, Taming Tengah Batahan, Taming Julu Batahan, Rura Patontang Parit. Ranah Panantian Air Bangis, Pulau Panjang Air Bangis, Guo Rabi Jonggor, Gadang Rabi Jonggor, Tombang Sunuruik, Sarasah Talang Sungai Aur dan Sarasah Betung Sungai Aur.

"Untuk Jorong Tombang ini, akan kita pasang VSAT. Dalam waktu dekat ini semoga bisa kita lakukan," ujar Sunarto.

Baca juga: Besok, Kemkominfo Bahas Etika Pelajar Era Dunia Digital Bersama Guru dan Pelajar Kabupaten Pasaman

VSAT atau Very Small Aperture Terminal adalah stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antena penerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari tiga meter.

Fungsi utama dari VSAT adalah untuk menerima dan mengirim data ke satelit. Satelit berfungsi sebagai penerus sinyal untuk dikirimkan ke titik lainnya di atas bumi.

Blank spot adalah kondisi dimana suatu tempat tidak tersentuh atau tidak terlingkupi oleh sinyal komunikasi. Baik untuk komunikasi analog seperti jaringan telepon atau komunikasi digital seperti jaringan internet. Bila suatu tempat terjadi Blank Spot, maka akan sulit terjadi komunikasi dua arah.

"Berdasarkan SK Bupati Pasaman Barat tahun 2021 yang dikeluarkan 3 September wilayah Blank Spot tercatat sebanyak 28 jorong," ungkap Sunarto.

Baca juga: 40 DPRD Pasaman Barat 2024-2029 Dilantik, Ini Harapan Sekdaprov Sumbar

Jorong tersebut yakni Enam Koto Selatan Kinali, Pegambiran Parik, Tamiang Ampalu Parik, Rura Patontang Parik, Rantau Panjang Sasak, Tanjung Jorok Pondok Sasak, Koto Sawah Ujung Gading, Batang Gunung Ujung Gading, Sibatutu Talang Kuning Rabi Jonggor, Guo Rabi Jonggor, Siligawan Gadang, Pulau Panjang Air Bangis.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: