Verifikasi Faktual Seleksi Calon Pimpinan Baznas Padang Tuntas

Minggu, 23 Januari 2022, 15:04 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Verifikasi Faktual Seleksi Calon Pimpinan Baznas Padang Tuntas
Wako Padang, Hendri Septa bersama Pimpinan Baznas, Kol Caj (Purn) Nur Chamdani dan timsel Baznas Kota Padang, foto bersama dengan sembilan calon pimpinan Baznas Padang periode 2022-2027, usai seleksi wawancara di sebuah hotel di Padang, Sabtu. (humas)

PADANG (22/1/2022) - Sebanyak sembilan orang calon pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Padang periode 2022-2027, mengikuti seleksi verifikasi faktual (wawancara), Sabtu.

Wawancara yang merupakan seleksi akhir untuk mendapatkan pimpinan yang baru tersebut, dibuka Wali Kota Padang, Hendri Septa di sebuah hotel di Padang. Proses wawancara ini juga dihadiri Pimpinan Baznas RI, Kol Caj (Purn) Nur Chamdani.

"Kita berharap, pimpinan Baznas yang terpilih nantinya, senantiasa amanah dan mampu memaksimalkan potensi yang ada. Terutama, menjaga dan meningkatkan kinerja Baznas," harap Hendri saat memberikan sambutan.

Proses seleksi ini merujuk UU No 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat dan Peraturan Badan Amil Zakat Nasional No 1 Tahun 2019 tentang Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten/Kota.

Baca juga: Arif Kurnia Serasa Bermimpi Bisa Tidur di Rumah Wali Kota Padang

Ketua Tim Seleksi (Timsel), Prof Asasriwarni beserta para timsel lainnya, memimpin langsung proses seleksi. Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Padang, Edy Oktafiandy, Ketua MUI Padang, Japeri Jarab serta Kabag Kesra Padang, Fuji Astomi juga hadir di kesempatan seleksi tersebut.

Di kesempatan itu, Hendri mengucapkan apresiasi dan terima kasih pada pimpinan Baznas Padang periode sebelumnya, yang telah banyak berjasa bagi perkembangan Baznas.

Hendri menilai, peran Baznas sangat penting sebagai lembaga nonstruktural yang memberikan kontribusi bagi Padang. Melalui program-programnya, Baznas memiliki andil di bidang pembangunan kesejahteraan masyarakat serta penanggulangan kemiskinan melalui pengelolaan dana zakat.

"Baznas Padang memiliki peran dalam mengayomi dan mencarikan solusi bagi semua elemen masyarakat terutama bagi para 'mustahiq'. Salah satunya juga dalam menangani pandemi Covid19 serta dampaknya secara sosial ekonomi bagi masyarakat," tukas Hendri.

Baca juga: Wali Kota Padang Serahkan Bantuan Paket Sembako Bagi Warga Kecamatan Padang Selatan

Sementara, Prof Asasriwarni menyebutkan, seleksi calon pimpinan Baznas Kota Padang tersebut telah melewati sejumlah rangkaian tahapan seleksi.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: