Wonogiri Salut atas Prestasi Adiwiyata Kota Padang

Rabu, 30 September 2015, 00:13 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Wonogiri Salut atas Prestasi Adiwiyata Kota Padang
Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Wonogiri, Bambang Hariadi, bertukar cenderamata dengan Edi Hasyimi (kepala Bapedalda Padang), Selasa (29/9/2015) di ruang sidang Abu Bakar Jaar. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Raihan prestasi sekolah adiwiyata yang dicapai Kota Padang pada 2015 ini, memantik keingintahuan Pemkab Wonogiri, Jawa Tengah. Sekitar 20 orang anggota rombongan dari daerah asal Endang Mulyani, istri ketua KPU RI, Husni Kamil Manik itu, ingin berbagi trik agar bisa meraih hal serupa.

"Tujuan kunjungan ke Padang, tidak hanya dalam rangka menjalin tali silaturahim saja. Akan tetapi, juga ingin menimba ilmu sekaligus sharing tentang sekolah adiwiyata. Menurut catatan Kementerian Lingkungan Hidup, prestasi Padang luar biasa. Kami ingin menimba ilmu dan melihat secara langsung ke sekolah adiwiyata di Padang ini," kata Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Wonogiri, Bambang Hariadi, Selasa (29/9/2015).

Rombongan ini disambut walikota Padang yang diwakili Kepala Bapedalda, Edi Hasymi dan sejumlah jajaran kerja di Pemko Padang. Mereka berdialog secara khusus di ruang sidang Abu Bakar Jaar.

Pengakuan Bambang, dalam penilaian penghargaan adiwiyata mandiri nasional lalu, Wonogiri belum seperti Padang. Sejak dimulainya penghargaan adiwiyata, baru sebanyak enam sekolah yang 'berlabel' adiwiyata mandiri.

Baca juga: Granat Sumbar: Gerakan Anti Narkoba Layak Masuk Kurikulum Muatan Lokal di Setiap Satuan Pendidikan

"Sedangkan pada penilaian kemarin, hanya satu sekolah SMA di Wonogiri yang meraih adiwiyata mandiri," terangnya.

Dikatakan Bambang, keberhasilan yang diraih Kota Padang ini tidaklah mudah. Tidak semudah membalik telapak tangan, tetapi dengan proses. "Lewat sharing ini nantinya dapat kita terapkan di Wonogiri agar lebih baik," tambah Bambang.

Pada kunjungan itu, Pemkab Wonogiri membawa sejumlah perangkat kerjanya di antaranya kepala Bappeda, Kadisdik, Kakan LH dan lainnya. Sedangkan dari Pemko Padang terlihat Titin Masfetrin (Kabid di Bapedalda), Desmon Danus (Kabag Pemerintahan), Yose Rizal (Kasubag di Bagian Pemerintahan) dan lainnya.

Sementara Edi Hasymi menuturkan bahwa salah satu keberhasilan Padang meraih penghargaan adiwiyata karena komitmen Pemerintah Daerah. Walikota Padang berkomitmen dan menerbitkan instruksi kepada seluruh sekolah di Kota Padang untuk wajib mengikuti program adiwiyata.

Baca juga: 10 Anak Terlibat Peredaran Narkoba di Padang Selang 3 Bulan Terakhir

"Sekolah telah kita bina sejak 2006. Dari 600-an sekolah, baru 217 yang berhasil kita lakukan pembinaan atau sebanyak 30 persen," katanya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: