Panen Raya Gerakan Petani Digital 4.0: Petani Simpang Timbo Abu Dikenalkan Pemanfaatan Teknologi untuk Tingkatkan Produksi

Kamis, 18 November 2021, 19:21 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Panen Raya Gerakan Petani Digital 4.0: Petani Simpang Timbo Abu Dikenalkan Pemanfaatan...
Koordinator Padi Irigasi dan Rawa pada Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Rachmat bersama Widhi Netraning Pertiwi (pakar pertanian dari Universitas Muhammadiyah Bandung) bersama Kepala Dinas Kominfo Pasbar, Edy Murdani, saat panen raya Gerakan P

Turut hadir perwakilan Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian, Rachmat selaku Koordinator Padi Irigasi dan Rawa, Kepala Bidang Penyuluhan Kabupaten Pasaman Barat serta pakar pertanian dari Universitas Muhammadiyah Bandung, Widhi Netraning Pertiwi.

Gerakan Petani Digital 4.0, merupakan upaya dari Kementerian Kominfo sebagai fasilitator dan akselerator dalam meningkatkan adopsi teknologi digital di sektor pertanian, sebagai langkah untuk mewujudkan Indonesia yang siap menjadi negara digital dan turut andil dalam akselerasi perekonomian global.

"Besar harapan saya, program ini dapat dilakukan bersama-sama oleh seluruh pihak. Dengan komitmen untuk menciptakan ekosistem pendukung implementasi teknologi digital sektor pertanian yang berkelanjutan," tutur Abrijani.

Baca juga: Bupati, Wabup dan Ketua PKK Ikuti Tradisi Manjalang Buya Lubuak Landua

Produktifitas Meningkat

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Pasbar, Edy Murdani mengatakan, Pasbar merupakan satu dari tiga wilayah di Indonesia yang ditetapkan untuk panen raya.

"Di era digitalisasi saat ini, mau tidak mau suka tidak suka kita harus berurusan dengannya. Dengan aplikasi atau alat ini, petani bisa mencek kesuburan tanah," terangnya.

Edy berharap, dengan adanya program ini di Talamau, panen bisa dilakukan hingga tiga kali dalam setahun.

"Selama ini, sudah maju dari satu kali setahun jadi dua kali. Sekarang, dengan program ini bisa tiga kali setahun," ungkapnya. (pl1)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: