Deputi III KSP Monev 4 Proyek Pusat di Pasaman Barat

Kamis, 21 Oktober 2021, 22:07 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Deputi III KSP Monev 4 Proyek Pusat di Pasaman Barat
Bupati Pasbar, Hamsuardi menemani Deputi III Kepala Staf Presiden Panutan S Selendrakusuma beserta rombongan, meninjau lokasi tanam padi Biofortifikasi di lokasi sawah Kelompok Tani Sialang, Kamis. (robbi irwan)

Selanjutnya, Dinas Koperasi Provinsi, Riana, Kadis Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan Sukarli, Kadis Koperindag dan UKM, Pahrein, Kadis Ketahanan Pangan, Yasri, Kadis Perkebunan Edrizal, Pupuk Petro Slamet, PIM Raya dan stakeholder lainnya.

Kunjungan Monev

Sementara itu, Panutan Sulendrakusuma menjelaskan, kunjungan KSP merupakan kunjungan yang sesuai dengan Tupoksi monitoring dan evaluasi program pemerintah.

Baca juga: Bupati, Wabup dan Ketua PKK Ikuti Tradisi Manjalang Buya Lubuak Landua

"Kunjungan sesuai program pemerintah dengan 4 agenda yaitu monitoring padi biofortifikasi, koorporasi petani, subsidi pupuk dan pekarangan pangan lestari," sebut Panutan.

Panutan berharap, kunjungan ini bisa menjadi upaya pemulihan ekonomi, sebagai program yang dapat menyejahterakan petani serta menjalin silaturrahmi.

Setelah kegiatan tersebut, juga dilakukan diskusi dengan KSU Gapoktan Albasiko II di Padang Canduh, Kejorongan Bangun Rejo, Kecamatan Kinali.

KSU ini mencoba untuk mengola SDA yang ada terutama padi. Fungsi koperasi mulai dari pembiayaan pertanian, kebutuhan pupuk, obat-obatan dan pembagian hasil panen. Hasil panen nantinya disalurkan kepada yang membutuhkan.

Ketua Koperasi Albasiko II, Karno Fachrudin menjelaskan, pengurus KSU mencoba menggenjot usaha Saprodi, terutama kebutuhan pupuk. KSU Albasiko II memberlakukan subsidi silang, dimana satu unit yang membutuhkan maka harus mengajukan modal pada pengurus.

"Dengan banyaknya permintaan, pada tahun 2024 KSU Albasiko juga akan membuka pelayanan di Simpang Empat," terangnya.

Saat ini, kata dia, anggota KSU berjumlah 1.291 anggota yang dibagi menjadi 2, yakni 606 orang anggota tetap, dan 685 orang merupakan anggota luar biasa. Manfaatnya secara langsung bisa dirasakan oleh masyarakat, seperti memperkerjakan 42 orang anak-anak yang tamat sekolah.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: