Korban Kebakaran Pasar Bawah Dibantu, Gubernur: Indo Jalito Simbol Kepedulian Rantau pada Ranah

Minggu, 26 September 2021, 16:05 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Korban Kebakaran Pasar Bawah Dibantu, Gubernur: Indo Jalito Simbol Kepedulian Rantau pada...
Gubernur Sumbar, Mahyeldi menyerahkan bantuan uang tunai sebesar Rp1 juta pada perwakilan korban kebakaran Pasar Bawah di aula SMAN 1 Bukittinggi, Ahad pagi. Bantuan ini merupakan sumbangan dari Indo Jalito. (hamriadi)

BUKITTINGGI (26/9/2021) - Sebanyak 117 orang korban kebakaran di Pasar Bawah, Bukittinggi, mendapatkan bantuan uang tunai sebesar Rp1 juta dari Indo Jalito, Ahad. Bantuan ini diserahkan di Aula SMAN 1 Bukittinggi, Jl Syekh Jamil Jambek No 36, Pakan Kurai, Kecamatan Guguk Panjang.

Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi dalam sambutannya, mengucapkan terimakasih pada Indo Jalito Peduli Bukittinggi dari Jakarta, yang telah berbagi dengan masyarakat yang terdampak kebakaran Pasar Bawah pada Sabtu dinihari, 11 September 2021 lalu.

"Semoga, pedagang Pasar Bawah bisa berdagang kembali setelah mendapatkan bantuan dari Indo Jalito," urai Marfendi.

Sementara itu, Ketua Indo Jalito, Asri Asgani yang diwakili Ananta Tria Nurwita Yunus mengatakan, Indo Jalito Paduli adalah organisasi yang bergerak di bidang sosial dan budaya, dengan jumlah anggota 160 orang dengan komitmen dan visi yang sama yaitu peduli kampung.

Baca juga: UPDATE: Korban Meninggal Dunia Banjir Bandang di Sumbar jadi 34 Orang

"Apabila ada musibah baik di kampung atau rantau, kami wajib bantu. Seperti saat ini, kami bantu pedagang yang berjualan maco ataupun lado. Tak ada salahnya kami memikirkan, para dunsanak korban kebakaran bisa berjualan kembali," ujar Ananta.

Ia melanjutkan, misi Indo Jalito ini sudah berjalan selama 20 tahun. Program bantuan yang diberikan seperti santunan pada kaum dhuafa. Setiap tahunnya, diserahkan ke 11 kabupaten dan kota di Sumatera Barat. Kemudian, bedah rumah di Payakumbuh, Padang dan beberapa kota lainnya, juga khitanan massal.

Simbol Kepedulian

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeli yang ikut hadir dalam penyerahan bantuan itu, sangat mengapresiasi kepedulian Indo Jalito terhadap kondisi kampung halaman, termasuk terhadap korban bencana kebakaran yang melanda ratusan kios di Pasar Bawah Bukittinggi.

Baca juga: Walau Mobil Dinas Nyaris Terseret Longsor di Sitinjau Lauik, Mahyeldi Tetap Turuni Jurang Ikut Evakuasi Korban

"Indojalito seolah jadi simbol kepedulian rantau pada ranah atau kampung halaman. Tidak sedikit yang telah disumbangkan organisasi ini bagi Ranah Minang, yang patut untuk kita apresiasi dan syukuri," ujar Mahyeldi yang juga alumni SMAN 1 Bukittinggi.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: