Turun Peringkat PPKM, Padang Rencanakan ASN dan Pelajar Wajib Vaksin

Selasa, 21 September 2021, 19:24 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Turun Peringkat PPKM, Padang Rencanakan ASN dan Pelajar Wajib Vaksin
Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Feri Mulyani.

PADANG (21/9/2021) - Untuk turun peringkat dari status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, capaian vaksinasi di Kota Padang harus mencapai 37 persen dari target vaksinasi nasional. Saat ini baru tercapai 35,11 persen. Artinya, sekitar 2 persen lagi target capaian vaksin harus terpenuhi.

"Saat ini, warga Padang yang sudah divaksin berjumlah 255.096 jiwa atau sekitar 35,11 persen dari jumlah target 726.000 jiwa. Secara nasional, dibutuhkan 37 persen vaksinasi agar turun peringkat dari PPKM Level 4," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Feri Mulyani, Selasa.

Dia menjelaskan, angka 2 persen itu setara dengan 14 ribu orang untuk divaksin. Di samping itu, untuk turun level, juga butuh data lengkap tracing yang dilakukan Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

"Berdasarkan assesment kesehatan yang dilakukan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Padang sudah berada pada Level 3. Indikator penilaian yang dilakukan, positif rate kurang 1 persen," terang Feri Mulyani.

Baca juga: Pindah Partai di Pemilu 2024, Dua Anggota PAW DPRD Padang dari Partai Berkarya Dilantik

"Saat ini, angka kesembuhan pasien Covid19 di Kota Padang sudah mencapai 97 persen. Sisa kasus positif saat ini sebanyak 350 orang dari jumlah yang terpapar sebelumnya sebanyak 41.000 ribu orang. Beberapa tempat karantina dan rumah sakit, juga sudah kosong," ungkapnya.

ASN dan Lembaga Pendidikan Wajib Vaksin

Sementara itu, Wali Kota Padang melalui juru bicara, Amrizal Rengganis mengatakan, untuk mencapai target vaksinasi secara nasional, Pemerintah Kota Padang akan mengeluarkan surat edaran untuk mewajibkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemko Padang untuk mengikuti vaksin.

"Kita juga akan membuat surat edaran untuk lembaga pendidikan dan mewajibkan untuk vaksin. Khusus untuk anak murid SMP dan SD, kita hanya mengizinkan sekolah tatap muka bagi murid yang sudah di vaksin," terang Amrizal.

Baca juga: Mendagri Tunjuk Andree Harmadi Algamar jadi Pj Wali Kota Padang, Ini Empat Larangan yang Tak Boleh Dilanggar

Diterangkan Amrizal, Wali Kota Padang bersama pimpinan SKPD terkait juga akan mengadakan rapat menindaklanjuti perkembangan PPKM Level IV dan berusaha mencarikan solusi supaya Padang bisa keluar dari PPKM Level 4.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: