BWSS V Keruk Sedimen dan Sisa Bendungan yang Rusak di Batang Kandih

Kamis, 16 September 2021, 17:57 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
BWSS V Keruk Sedimen dan Sisa Bendungan yang Rusak di Batang Kandih
Wako Padang, Hendri Septa bersama BWSS V Sumatera, meninjau pengerjaan normalisasi Batang Kandih dan perbaikan Bendungan Irigasi Kasang Dua, Selasa siang. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

PADANG (14/9/2021) - Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWWS) V telah memulai pengerjaan normalisasi Batang Kandih dan perbaikan Bendungan Irigasi Kasang Dua, yang berlokasi di Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah, Senin (13/9/2021).

"Pada 9 September 2021 lalu, kita telah meninjau Bendungan Irigasi Kasang II ini. Kita sudah lihat langsung. Karena kewenangan perbaikannya di BWSS V, maka kita berkirim surat. Alhamdulillah, telah dimulai pengerjaannya," ungkap Wako Padang, Hendri Septa sewaktu meninjau pengerjaan normalisasi tersebut, Selasa.

Dikatakan Hendri, normalisasi sungai Batang Kandih dan perbaikan Bendungan Irigasi Kasang Dua, dilakukan sebagai bentuk gerak cepat Pemerintah Kota Padang dalam penanganan darurat banjir yang merendam Perumahan Griya Anak Air Permai, Kelurahan Batipuh Panjang, 18 Agustus 2021 lalu.

Penanganan yang dilakukan, berupa pengerukan sedimen yang berada di tengah sungai dan pemindahan sisa bangunan bendungan yang rusak, sehingga arah aliran air kembali ke asalnya dan tidak mengarah ke pemukiman warga.

Baca juga: Aliran Batang Kandih Ancam Perumahan, Esa: Kanal Pengendalian Banjir Diperlukan

"Untuk itu, kita ucapkan terima kasih pada BWSS V yang telah merespon permohonan kami ini, sehingga penanganan bendungan ini cepat dilakukan. Kita menargetkan, dua minggu ke depan, normalisasi sungai Batang Kandih ini dapat diselesaikan," harap Hendri.

Dia berharap, dengan adanya normalisasi sungai Batang Kandih dan perbaikan Bendungan Irigasi Kasang Dua ini, diharapkan ke depannya dapat mencegah banjir yang terjadi di Kecamatan Koto Tangah.

Hadir mendampingi Kadis Perkim/Plt Kadis PUPR Padang, Tri Hadiyanto, Camat Koto Tangah, Junie Nursyamza, Kabid SDAD PUPR dan Lurah Balai Gadang. (rls)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: