ASN Diminta Berpakaian Muslim Bernuansa Kearifan Lokal, Erman Safar: Lambangkan Keluhuran Budi

Minggu, 05 September 2021, 23:05 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
ASN Diminta Berpakaian Muslim Bernuansa Kearifan Lokal, Erman Safar: Lambangkan Keluhuran...
Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar memasangkan tanda pangkat camat Guguk Panjang pada Yelrizon, di halaman kantor camat Sabtu. (hamriadi)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

BUKITTINGGI (5/9/2021) - Kecintaan Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar terhadap nilai budaya Minangkabau, mendorong lahirnya kebijakan tentang pengaturan penggunaan pakaian dinas bernuansa daerah dan bermuatan kearifan lokal.

Melalui Instruksi Wali Kota Bukittinggi No. 189.45-09-2021, sebagai petunjuk lanjutan terhadap Pasal 6 Perwako No. 8 Tahun 2018, dimana Erman mengarahkan ASN di kota Bukittinggi untuk menggunakan pakaian muslim bernuansa Minangkabau.

Dalam instruksi tersebut, dijelaskan pakaian dinas harian pada hari Jumat untuk laki-laki adalah, baju koko lengan pendek atau panjang dengan bordiran kerancang atau sulaman warna putih, dengan celana panjang batik, disertai sendal datuk dan peci nasional warna hitam.

Sedangkan untuk ASN wanita menggunakan baju kurung Minang warna hitam dengan bordiran atau sulaman.

Baca juga: Pemko Bukittinggi Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW, Berlapang Dada Disetiap Keadaan jadi Pesan

"Pakaian khas Minangkabau itu berwibawa, melambangkan keluhuran budi," ujar Erman Safar, Ahad sore.

Ia menerangkan, ingin mendorong tiap lapisan generasi masyarakat Bukittinggi untuk tampil dalam pakaian khas Minang tersebut.

"Semoga kita bisa menularkan teladan, dari ASN para pedagang pun juga kita imbau. Hal ini kalau dibiasakan bisa menambah pengalaman otentik bagi wisatawan," imbaunya.

Erman Safar telah tampak menggaungkan pakaian ini dalam beberapa kegiatan. Seperti pada Jumat (3/9/2021), dimana Erman Safar dengan percaya diri mengenakan pakaian tradisional Minang dalam wawancara promosi pariwisata di sebuah TV Nasional.

Baca juga: Kelurahan Kubu Gulai Bancah Ditetapkan jadi Desa Cantik

Pada hari yang sama Erman juga hadir menyaksikan rangkaian kegiatan serah terima camat di Kota Bukittinggi dimana acara pelantikan camat tersebut telah usai dilaksanakan, Jumat (27/9/2021). (ham)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: