Jelang Pemilu 2024: KPU Padang Koordinasikan Data Wilayah Administratif untuk Persiapan Penyusunan Dapil

Selasa, 31 Agustus 2021, 14:39 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Jelang Pemilu 2024: KPU Padang Koordinasikan Data Wilayah Administratif untuk Persiapan...
Rombongan KPU Padang terdiri dari komisioner Amid Mutaqim dan Attika Triana bersama Lucky Dharma Yuli Putra (sekretaris KPU Padang) serta Sutrisno (Kasubag Teknis dan Hupmas), berdialog dengan Kabag Tata Pemerintahan, Ances Kurniawan di ruang kerjanya, Se

PADANG (31/8/2021) - KPU Padang gelar safari persiapan Pemilu 2024 ke Balaikota Padang di Jl Bagindo Azis Chan No 1, kawasan Bypass Padang, Selasa siang. Kunjungan ini dalam rangka koordinasi pendataan wilayah administrasi untuk persiapan penyusunan daerah pemilihan (Dapil) sekaligus kerjasama penyebaran informasi Pemilu 2024.

"Kita mengunjungi dua institusi dalam rangka persiapan penyusunan Dapil dan kerjasama penyebaran informasi pemilu 2024 yakni Bagian Tata Pemerintahan dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Padang," ungkap Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Amid Muttaqim.

Dalam kunjungan ini, Amid didampingi Atika Triana (Ketua Divisi Parmas KPU Padang), Lucky Dharma Yuli Putra (sekretaris KPU Padang) serta Sutrisno (Kasubag Teknis dan Hupmas KPU Padang).

Saat berdialog dengan Kepala Bagian Tata Pemeritahan, Ances Kurniawan, Amid menerangkan, kunjungan ini merupakan tindaklanjut surat KPU RI No: 794/PP.07-SD/06/KPU/VIII/2021 perihal pendataan wilayah administrasi untuk persiapan penetapan daerah pemilihan.

Baca juga: Ini 5 Komisioner KPU Padang Terpilih Periode 2024-2029

"Kita ingin mengetahui, apakah di Padang terjadi pemekaran kecamatan atau kelurahan. Karena, hal ini akan jadi salah satu landasan bagi KPU, dalam menyusun Dapil anggota DPRD Padang di pemilu 2024 mendatang, sebagaimana diatur dalam UU No 7 Tahun 2017," ungkap Amid.

Menjawab tanya KPU Padang, Ances menjelaskan, Kota Padang masih terdiri dari 11 kecamatan dengan 104 kelurahan. Dia memastikan, belum ada upaya pemekaran dilakukan, baik itu untuk kecamatan maupun kelurahan.

"Perkembangan data wilayah administrasi tingkat kecamatan dan kelurahan, dalam waktu cepat sepertinya belum akan ada perubahan," ungkap Ances.

Usai berdialog dengan Bagian Tata Pemerintahan, KPU Padang melanjutkan koordinasi dengan Kepala Dinas Komimfo, Rudy Rinaldi. Koordinasi ini terkait dengan rencana kerjasama antarlembaga dalam menyebarluaskan informasi Pemilu dalam wadah Bakohumas.

Baca juga: Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat Kecamatan di Padang, Progres Hari Keempat Capai 60 Persen

Sehingga, KPU dan Pemko dapat memberikan informasi secara massif pada masyarakat, yang pada akhir dapat mencerdaskan pemilih sekaligus meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilu 2024 mendatang. (kyo)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: