Pokdarwis harus Berinovasi dan Berkolaborasi untuk Tarik Wisatawan

Senin, 30 Agustus 2021, 22:50 WIB | Wisata | Kota Padang
Pokdarwis harus Berinovasi dan Berkolaborasi untuk Tarik Wisatawan
Wako Padang, Hendri Septa foto bersama usai memberikan arahan Pelatihan Pokdarwis di Padang, Senin. (humas)

PADANG (30/8/2021) - Sebagai sebuah kelompok masyarakat yang anggotanya terdiri dari para pelaku kepariwisataan, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) diharapkan terus berinovasi serta berkolaborasi antarsesama lembaga kepariwisataaan.

"Kita berharap, sesama Pokdarwis di Kota Padang harus terus berinovasi dan berkolaborsi. Sebagaimana produk yang dihasilkan setiap Pokdarwis itu berbeda-beda sesuai potensi wisata di daerah masing-masing. Hal ini tentu menjadi daya tarik bagi pengunjung/wisatawan datang ke Padang," ungkap Wali Kota Padang, Hendri Septa ketika membuka Pelatihan Pokdarwis di Padang, Senin.

Dikatakan Hendri, Pokdarwis juga memiliki kepedulian serta tanggungjawab dan berperan sebagai penggerak dalam mendukung terciptanya iklim yang kondusif, dalam menumbuhkembangkan sektor kepariwisataan.

"Sebagai kota wisata yang memiliki desitinasi wisata beragam, peran penting Pokdarwis sangat diharapkan," cetusnya.

Baca juga: Arif Kurnia Serasa Bermimpi Bisa Tidur di Rumah Wali Kota Padang

Hendri mengatakan, selama pandemi Covid19 mewabah, perkembangan pariwisata memang mengalami penurunan kunjungan secara drastis. Hampir 80 persen penurunan terjadi pada jumlah wisatawan mancanegara ke Kota Padang dan 50 persen wisatawan domestik.

"Peningkatan kompetensi pengelolan Pokdarwis, juga menjadi penentu keberhasilan pengembangan desa wisata Pokdarwis di Padang," pungkasnya.

Sementara, Plt Dinas Pariwisata Padang, Arfian melaporkan, Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata Pokdarwis ini, untuk memberikan motivasi dan kompetensi agar pengeloanya lebih profesional dan berkualitas. Selain itu, membuat pengelola memahami pentingnya Sapta Pesona.

"Peserta pelatihan dikuti 16 Pokdarwis di Kota Padang dengan utusan prioritas Pokdarwis yang berada di kawasan timur Padang," imbuhnya.

Baca juga: Wali Kota Padang Serahkan Bantuan Paket Sembako Bagi Warga Kecamatan Padang Selatan

Disebutkan, adapun di Kota Padang saat ini telah mempunyai sebanyak 32 Pokdarwis yang tersebar di beberapa kecamatan.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: