Jembatan Sako Tapan Makin Parah

Rabu, 16 September 2015, 18:14 WIB | Wisata | Kab. Pesisir Selatan
Jembatan Sako Tapan Makin Parah
Kondisi jembatan Sako yang makin rusak parah. Jembatan ini merupakan satu-satunya titik yang menghubungkan Pessel dengan Kerinci dan Sungai Penuh. (lelek/valoranews)

VALORAnews - Kondisi sebuah jembatan di nagari Sako, Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan, yang menghubungkan tiga daerah antara Kabupaten Pesisir Selatan di Sumatera Barat, Kabupaten Kerinci (Jambi) dan Sungai Penuh (Jambi) semakin parah.

Lubang di tengah jembatan serta bantalan kayu jembatan yang lapuk serta besi pembatas jembatan yang telah rusak, sangat perlu perhatian serius dari dinas terkait. Karena, ruas jalan ini jadi akses utama warga ekonomi warga mengangkut hasil kebun.

"Setidaknya, ada tiga titik yang perlu perbaikan di jembatan itu. Saat ini, pengendara harus ekstra hati-hati melewati jembatan itu," terang Nanang (28), warga Tapan tentang kondisi terkini jembata itu.

Sementara, Fadil (30), warga lainnya menyatakan, seharusnya ada perhatian dari pemerintah provinsi, karena jalan itu merupakan kelas jalan nasional.

Baca juga: PILKADA 2024: KERAS OMBAK, Sekretaris Perindo Sumbar Maju di Pilkada Pessel

Hal yang sama jugadi ungkapkan, Cecep (30) warga Sako. Dia mengaku, dua kali dalam seminggu, dia berangkat ke Sungai Penuh untuk berdagang kulit kayu manis. Jalan itu, terangnya, hampir setiap harinya dilalui mobil besar, roda dua, roda empat serta alat berat.

"Kalau lama-lama dilewati mobil besar, kondisi jembatan akan tambah parah. Tidak sesuai dengan bobot kendaraan yang melintasi di atas jembatan," terangnya. Jika dibiarkan berlarut, tentu akan menghambat akses ke daerah tetangga. (lek)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: