Begini Cara Bertanam Ubi Kayu Seberat 61 Kg per Batang

Selasa, 15 September 2015, 21:36 WIB | Olahraga | Kota Solok
Begini Cara Bertanam Ubi Kayu Seberat 61 Kg per Batang
Ini lah ubi kayu hasil kreasi Penyuluh Pertanian Kota Solok, Asrial, tengah mengangkat ubi kayu yang dipamerkan di pameran nasional ketahanan pangan, Selasa (15/9/2015) di Padang. (vebi rikiyanto/valoranews)

VALORAnews - Kelompok Tani (Keltan) Bukit Sugar, Kota Solok, berhasil membudidayakan ubi kayu yang menghasilkan buah seberat hingga 61 kg per batang. Normalnya, setiap batang hanya menghasilkan umbi seberat 3 sampai 5 kg saja.

"Ubi ditanam di lubang berukuran 2x2 meter dengan kedalaman 50 cm. Median tanam itu lalu diberi pupuk kandang," ungkap Penyuluh Pertanian Kota Solok, Asrial, berbagi tips bertanam ubi kayu dengan produksi ekstra jumbo.

Ubi kayu itu ikut dipamerkan dalam pameran nasional ketahanan pangan di Padang, Selasa (15/9/2015). Kegiatan bertemakan pangan lokal sebagai kekuatan untuk mewujudkan kedaulatan pangan itu baru akan berakhir 18 September 2015. Lokasi pameran di Lapangan Tarandam, Komplek TNI di kawasan Ganting, Padang.

Dengan cara demikian, terangnya, berhasil ditemukan jenis ubi kayu baru yang diberi nama Ubi Rukun yang ukuran produksinya luar biasa. "Bayangkan apa yang bisa dihasilkan dengan ubi yang berukuran jumbo tersebut. Kalau soal kualitas, dijamin," ungkap Asrial berbangga hati. (vri)

Baca juga: Ada Gasing Super Jumbo Asal Bali di Tafisa World Games

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan:

Berita Terkait