INCC Tuntaskan Survei Lapangan Kawasan Termarginalkan di Kelurahan Lolong Belanti

Senin, 02 Agustus 2021, 18:05 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
INCC Tuntaskan Survei Lapangan Kawasan Termarginalkan di Kelurahan Lolong Belanti
Ketua RT 03 RW 02 Kelurahan Lolong Belanti, Kecamatan Padang Barat, Padang, Feri Yulisman menjelaskan profile kawasan yang akan jadi project INNC, Jumat (30/7/2021). (mangindo kayo)

PADANG (2/8/2021) - Tim Islamic Network For Civilization Construction/INCC (Jaringan Lembaga Islam untuk Pembangun Peradaban), tuntaskan survei lapangan pada salah satu kawasan yang akan jadi project di Kota Padang. Di Sumatera Barat, INCC merencanakan project pembangunan peradaban pada 11 lokasi di sejumlah kabupaten/kota.

Lokasi yang disurvei pada Jumat (30/7/2021) lalu, kawasan RT 03 dan 04 pada RW 02 Kelurahan Lolong Belanti, Kecamatan Padang Barat. Sekitar 120 Kepala Keluarga (KK) akan jadi binaan INCC di kawasan yang terletak di TMP Lolong itu, dipetakan permasalahannya, profile demografi sekaligus wawancara dengan tokoh masyarakat.

Sebelumnya, di lokasi yang merupakan salah satu kawasan termarginalkan di Kota Padang ini, valoranews.com bersama GPII Sumbar dan alumni perguruan tinggi Yogyakarta di Sumbar, pada Idul Adha 1442 H lalu, menggelar pemotongan 2 ekor sapi qurban bersama warga setempat.

"Project kita telah jalan di 4 titik di Pesisir Selatan. Kemudian, empat project di Kota Padang tengah dimatangkan. Terdiri dari tiga titik merupakan implementasi program dan 1 titik akan dijadikan kanal ekonomi," ungkap Direktur INCC, Arif Firdaus.

Program apa yang akan diaplikasikan di kawasan yang disurvei ini, Arif menyebut, akan diputuskan setelah Focus Group Discussion (FGD) nantinya. "FGD ini akan secepatnya kita gelar, setelah pemetaan masalah tuntas kita rumuskan," terang Arif.

INCC adalah konsorsium lembaga pemberdayaan profesional yang terhimpun dalam jaringan lembaga Islam untuk pembangun peradaban Madani. INCC memfokuskan kegiatan pada bidang Pemberdayaan masyarakat.

Yakni, Sosial Pemberdayaan (Social Empowerment), Ekonomi Pemberdayaan (Economic Empowerment) atau Kewirausahaan Sosial (Social Entrepreneur), Pusat Studi Kajian Islam dan Pendidikan, Riset dan Pengembangan (Riset and Development) serta Pusat Studi Pengembangan Seni dan Kebudayaan Islam.

Sebagai lembaga pemberdayaan, terangnya, INCC menjalankan program pemberdayaannya dengan membangun kekuatan kanal ekonomi lembaga yang dikelola secara tepat dan professional.

"Kanal Ekonomi INCC adalah usaha ekonomi lembaga yang dikelola secara professional untuk menghasilkan keuntungan usaha dimana hasil usaha tersebut dipergunakan seutuhnya untuk kegiatan pemberdayaan.," terang Arif.

Membangun kanal ekonomi lembaga ini, urai Arif, dengan cara lembaga melakukan kerja penambahan nilai dari suatu investasi produktif, yang kemudian dikembangkan dan menghasilkan pendapatan untuk mendukung penuh program pemberdayaan.

"Hal ini sebagai upaya membangun kemandirian dan independensi serta profesionalitas lembaga pemberdayaan dengan mengedepankan prinsip kerja lembaga yakni: Keummatan, Profesional, Independen, Global, Visioner dan progresif/bertumbuh," terangnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: