66 Ribu KK Warga Padang Kena Imbas PPKM Level 4, Ini Langkah Antisipasi Hendri Septa

Jumat, 30 Juli 2021, 21:16 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
66 Ribu KK Warga Padang Kena Imbas PPKM Level 4, Ini Langkah Antisipasi Hendri Septa
Wako Padang, Hendri Septa. (humas)

PADANG (29/7/2021) - Wali Kota Padang, Hendri Septa merasa bersyukur, karena bantuan sosial bagi warga terdampak Pandemi Covid19 plus penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), sudah mulai direalisasikan.

"Alhamdulillah, kita telah memulai upaya pemberian bantuan sosial sejak masa awal penerapan PPKM tepat pada 12 Juli 2021 lalu," ungkap Hendri di Padang, Kamis siang.

Saat ini, terangnya, Pemko tengah mengumpulkan beberapa lembaga sosial (charity) seperti Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Barat, Baznas Kota Padang, Rumah Zakat, Dompet Dhuafa dan lain-lainnya, untuk ikut berkontribusi.

Alhasil, terkumpul 26 ton beras yang dipaketkan per 10 kg. Terkumpul sebanyak 2.600 paket. "Alhamdulillah, bantuan ini telah kita salurkan per kecamatan. Saat ini tersisa sebanyak 600 paket lagi," sebut Hendri.

Baca juga: Arif Kurnia Serasa Bermimpi Bisa Tidur di Rumah Wali Kota Padang

Orang nomor satu di Kota Padang itu menyebut, seiring penerapan PPKM yang telah berjalan hampir sebulan, pihaknya pun sudah mulai menghitung warga Padang terutama keluarga-keluarga yang kurang mampu.

"Kita tahu, semua warga Padang pasti terdampak, tapi kita prioritaskan terlebih dulu keluarga yang kurang mampu dan paling layak diberikan bantuan. Setelah kita hitung, terdapat sekitar 66 ribu lebih Kartu Keluarga (KK) miskin di kota ini yang akan dibantu," ungkapnya.

Rinciannya, kata Hendri, sebanyak 18.560 KK berasal dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) serta 17.352 lagi KPM dari Program Keluarga Harapan (PKH) bantuan Kementerian Sosial.

"Sisanya yakni 30.654 KK itulah yang kita upayakan melalui bantuan donatur-donatur baik dari lembaga charity, BUMN serta beberapa perusahaan dan pihak lainnya" ungkap Hendri.

Baca juga: Wali Kota Padang Serahkan Bantuan Paket Sembako Bagi Warga Kecamatan Padang Selatan

"Alhamdulillah, PT Incasi Raya Group membantu 7,5 Ton beras, PT Hayati 2 Ton beras dan Jasa Raharja 1 Ton Beras. Insya Allah, besok yang akan memberikan bantuan PT Pegadaian 2 Ton beras, PT Padang Raya Cakrawala 3 Ton beras. Selain itu juga ada dari Anggota Komisi 8 DPR RI Fraksi PAN sebanyak 8 Ton beras," urai Hendri.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: