JPS Inisiasi Bantuan untuk Warga Terdampak PPKM Level 4, Irjen Toni: Gerakan Ini Jangan Terhenti

Minggu, 25 Juli 2021, 23:15 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
JPS Inisiasi Bantuan untuk Warga Terdampak PPKM Level 4, Irjen Toni: Gerakan Ini Jangan...
Salah seorang pengurus JPS, Melba menyerahkan bantuan paket Sembako pada seorang emak-emak penjual pisang secara berkeliling di kecamatan Koto Tangah, Padang, Eva, Ahad sore. (istimewa)

PADANG (25/7/2021) - Mata Ayunita tampak berbinar, saat menerima paket Sembako, Ahad sore. Ibu rumah tangga yang nyambi jualan lontong ini merasa, bantuan Sembako senilai Rp60 ribu itu sangat membantu asap dapurnya tetap mengepul, seiring makin sulitnya mencari nafkah di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Kota Padang.

Ayunita mengaku, larangan makan di tempat (dine in) serta pembatasan waktu berjualan, berefek pada jumlah kunjungan pelanggan ke warung sederhananya.

Hal ini kemudian berdampak pada seretnya pendapatan. Sementara, biaya (pengeluaran-red) tak mengenal kata pembatasan. Biaya sekolah anak di tahun ajaran baru 2021/2022 yang mesti segera dibayarkan, berkelindan dengan tak bisa ditundanya kebutuhan dapur.

"Semoga bantuan ini berkah. Saya berharap, JPS mendorong pemerintah untuk memberikan bantuan pada masyarakat terdampak PPKM ini," ujar Ayunita usai menerima bantuan yang diinisiasi Jaringan Pemred Sumatera Barat (JPS), Ahad siang.

Baca juga: Erman Safar Bagikan PKH dan Program Sembako Triwulan II, Terbesar Dapat Rp2,8 Juta

Samahalnya dengan Ayunita, bantuan JPS ini juga diterima kelompok nelayan Tanjung Indah di Kelurahan Kampung Lapai. Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), penjual bunga rampai di TPU Tunggul Hitam, ojek online (Ojol), emak-emak penjual pisang keliling di daerah Dadok dan beragam profesi lainnya yang terdampak PPKM Level 4.

Menurut Koordinator JPS, Heri Sugiarto, sejak diinisiasi 21 Juli 2021 lalu hingga Ahad ini, terkumpul bantuan sebanyak 1.000 paket Sembako. Bantun ini berasal dari mitra JPS serta sejumlah tokoh Sumatera Barat. Peluncuran penyerahan bantuan ini, digelar di Mapolda Sumbar, Ahad pagi ini.

Berbagai kelompok masyarakat terdampak PPKM Level 4 di berbagai kelurahan di Kota Padang, menerima bantuan yang diserahkan langsung pengurus JPS secara serentak.

"Nurani kita tergerak, melihat banyaknya warga dan pedagang terutama yang mulai berjualan di malam hari, terhalang aktivitasnya di masa PPKM Level 4. Kita semua (pengurus JPS dan pembina-red) bergerak menghimpun donasi dari para mitra dan tokoh Sumatera Barat," jelas Heri yang juga GM Padang Ekspres didampingi Zondra Volta (Sekretaris JPS) serta wartawan senior JPS, Adrian Tuswandi, Rakhmatul Akbar dan Novrianto Ucok.

Baca juga: Minang Diaspora Salurkan 2100 Paket Sembako untuk Korban Banjir di 3 Daerah

Penggalangan donasi yang dipantik pengurus dan pembina JPS ini, kemudian menarik simpati berbagai elemen masyarakat di Sumatera Barat dan perantauan untuk ikut berdonasi. Pesatnya perkembangan teknologi informasi, memudahkan para tokoh Minang sedunia ini, ikut sato sakaki.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: