Polres Mentawai Dirikan 5 Posko untuk Pastikan Warga Patuhi Prokes

Senin, 26 April 2021, 22:57 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
Polres Mentawai Dirikan 5 Posko untuk Pastikan Warga Patuhi Prokes
Kapolres Kabupaten Kepulauan Mentawai, AKBP Muad's Almizani memasangkan masker pada pengendara motor yang tak patuhi Prokes, di salah satu ruas jalan yang ada di daerah kepulauan itu, Senin (26/4/2021). (daniwarti/valoranews)

VALORAnews - Kapolres Kabupaten Kepulauan Mentawai, AKBP Muad's Almizani mengatakan, dalam mengantisipasi lonjakan penumpang yang akan pergi keluar dari Mentawai, sekaligus juga dalam upaya pengendalian penyebaran Covid 19, Polres Mentawai menyiapkan 5 posko guna memantau kepatuhan masyarakat terkait protokol kesehatan (Prokes).

"Kelima titik posko tersebut, di antaranya Posko Utama berlokasi di Tua Pejat, Sioban, Sikakap, Muara Siberut, tepatnya di Mailepet dan di pelabuhan Pokai Muara Sikabaluan," ungkap AKBP Muad's Almizani, Senin (26/4/2021).

Dikatakan, jelang lebaran ini, jelas terdapat peluang peningkatan mobilitas masyarakat. Sehubungan denga telah adanya larangan mudik yang dikeluarkan pemerintah, untuk lintas provinsi dilakukan dengan penyekatan di perbatasan. Sementara, untuk dalam provinsi hal itu tidak berlaku.

"Untuk calon pendatang yang akan masuk ke Mentawai, diharuskan mengantongi surat keterangan PCR swab yang berlaku 7 hari dan rapit test antigen negatif yang masa berlakunya 3 hari," terangnya.

Baca juga: Tim Yustisi Padang Panjang Intensifkan Razia Warga tak Bermasker

Sementara, untuk pengamanan lingkungan dan masyarakat sebelum dan pasca lebaran Idul Fitri 1442 H, Polres Mentawai akan menggelar Operasi Ketupat. Posko ini akan efektif beroperasi pada 6-22 Mei 2021.

"Kita tetap berusaha melakukan pengendalian Covid19 bersama unsur Forkopimda dan stake holder lainnya, agar zona orange di Mentawai saat tidak terjun ke zona merah, karena penyebaran sudah lokal," tegasnya.

Akbp Muad'z berharap, dalam pelaksanaan pengamanan ini, dapat meyakinkan masyarakat untuk tidak melakukan mudik. "Kalau mau bersilaturahmi, dengan sanak saudara, kita cukup di sini saja," terangnya.

Dia juga meminta, untuk menghindari kerumunan dengan tidak membuat mutasi manusia yang berlebihan dan patuhi Prokes dengan menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun dan memakai masker. (dni)

Baca juga: 235 Warga Padang Panjang Terjaring Razia Prokes

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: