KPU Padang Rancang Seleksi Calon KPPS Disertai Uji Publik

Selasa, 08 September 2015, 10:41 WIB | News | Kota Padang
KPU Padang Rancang Seleksi Calon KPPS Disertai Uji Publik
Ketua PPK Nanggalo, Ilfariadi (kanan) bersama Yudi Evanturil (anggota PPK), Selasa (8/9/2015) sore, memasang spanduk dari KPU tentang imbauan pada masyarakat agar memastikan namanya telah terdaftar sebagai pemilih di DPS pemilihan serentak 2015. (mangindo
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Kordiv Hukum KPU Padang, Riki Eka Putra mengatakan, rekruitmen calon anggota kelompok panitia pemungutan suara (KPPS) dimulai 9 September 2015 sampai 8 November 2015. Salah satu instrumen yang harus dipenuhi calon KPPS, adalah warga yang telah dua kali jadi penyelenggara, tidak dibolehkan lagi.

"Agar tidak merekrut orang yang menyalahi aturan, kita merancang proses rekruitmen yang akan berlangsung selama sebulan lebih ini, dengan membaginya jadi sejumlah tahapan," ungkapnya.

Tahapan ini, terdiri dari pengumuman dan sosialisasi ke masyarakat, lalu penerimaan pendaftaran, kemudian seleksi administrasi. Yang lolos secara administratif ini, akan menjalani proses wawancara.

Selanjutnya, calon terpilih diumumkan serta dimintai tanggapan masyarakat atas KPPS yang telah ditetapkan itu.

Baca juga: Aplikasi Silon Macet Saat PKS-Demokrat Daftarkan M Iqbal-Amasrul ke KPU Padang

"Rekruitmen ini sepenuhnya dilakukan PPS. Uji publik ini, untuk makin menyaring lagi calon KPPS, bukanlah orang yang telah dua kali jadi penyelenggara. Kalau memungkinkan, kita mintai tanggapan pengawas pemilu," terang Riki. (kyo)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: