Inovasi Kelurahan TPL, Akta Kematian Diurus Petugas

Senin, 30 November 2020, 17:54 WIB | News | Kota Padang Panjang
Inovasi Kelurahan TPL, Akta Kematian Diurus Petugas
Kelurahan Tanah Pak Lambik (TPL), Kecamatan Padangpanjang Timur, Kota Padangpanjang lahirkan inovasi pembuatan akta kematian dan kartu keluarga (KK) baru untuk keluarga yang ditinggalkan dilayani petugas kelurahan. Inovasi ini diluncurkan, Senin (30/11/20

VALORAnews - Pihak Kelurahan Tanah Pak Lambik (TPL), Kecamatan Padangpanjang Timur, Kota Padangpanjang membuat inovasi baru dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat.

Warga yang meninggal dunia, dibantu pembuatan akta kematian dan kartu keluarga (KK) baru untuk keluarga yang ditinggalkan. Keluarga yang tengah berduka, tak perlu lagi sibuk mengurus administrasi kependudukan itu.

"Keluarga yang ditinggalkan, terima bersih. Semua diurus kelurahan. Ini untuk meringankan beban keluarga yang kemalangan," jelas Lurah TPL, Junaidi di Padang Panjang, Senin (30/11/2020).

Dikatakan, begitu pihak kelurahan mendengar kabar ada warganya yang meninggal, pihak kelurahan langsung berkoordinasi dengan RT setempat.

Baca juga: Tinjau Fasilitas Dinas Dukcapil Mentawai, Fernando: Jangan Biarkan Masyarakat Menunggu Lama

"Semua data dikumpulkan, lalu langsung diuruskan ke Dinas Catatan Sipil (Capil) akta kematian dan KK barunya. Begitu semua berkas selesai, langsung diserahkan ke pihak keluarga," katanya.

"Biasanya prosedur yang berlaku, pihak RT minta blanko pelaporan kematian ke kelurahan dan perubahan KK. Secara berjenjang dari RT, lurah sampai ke Capil. Kali ini kita permudah. Semuanya diurus kelurahan," paparnya.

Ia menyebutkan, penerapan inovasi pertama hari ini, Senin (30/11/2020) telah diserahkan akta kematian alm. Bachtaruddin, warga RT II meninggal dunia beberapa waktu lalu.

Selain itu, kata dia, penyerahan KK baru ke pihak keluarga. Berkas tersebut diserahkan Camat Padang Panjang Timur, Doni Rahman, S.Pd.I Datuak Simarajo kepada perwakilan keluarga, Verri Nanda.

Baca juga: Disdukcapil Bukittinggi Sosialisasikan Layanan Kependudukan Berbasis Online

"Inovasi ini luar biasa. Semoga bisa ditiru yang lain. Karena kita semua adalah pelayan masyarakat, maka harus memudahkan urusan masyarakat dengan pelayanan memuaskan," ucapnya. (ham)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: