Lapas Muaro Padang Kembali Zona Hijau Setelah 40 Warga Binaan Positif Covid19, Ini Kiatnya

Senin, 09 November 2020, 13:04 WIB | News | Kota Padang
Lapas Muaro Padang Kembali Zona Hijau Setelah 40 Warga Binaan Positif Covid19, Ini Kiatnya
Suasana ruang pelayanan penitipan barang di Lapas Muaro Padang, pascadibuka kembali, Senin (9/11/2020). (veby rikiyanto/valoranews)

VALORAnews - Sempat ditutup beberapa hari akibat adanya 40 orang warga binaan yang positif terpapar Covid19, mulai Senin (9/11/2020), pelayanan penitipan barang di Lapas Muaro Padang kembali dibuka.

Hal tersebut disampaikan Kepala Tata Usaha Lapas Muaro Padang, Novri Abbas, setelah semua pegawai dan Napi dinyatakan negatif berdasarkan hasil tes swab yang dilakukan beberapa hari lalu.

"Kita melakukan pemeriksaan swab pada semua pegawai dan petugas Lapas. Kemaren, hasilnya telah keluar dan semua pegawai dinyatakan negatif," ujar Novri di Padang, Senin (9/11/2020).

Selain pegawai, pemeriksaan juga dilakukan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) termasuk 40 orang yang sebelumnya dinyatakan positif Covid19.

Baca juga: Targetkan Zero Halinar, Lapas Muaro Musnahkan 532 Telepon Genggam

"WBP yang positif dan WBP yang diindikasikan akan terdampak Covid19, hasilnya negatif dan setelah di tracking ulang tidak ada lagi WBP yang dinyatakan positif," tambah Novri.

Dengan keluarnya hasil pemeriksaan tersebut, menurut Novri, maka Lapas akan kembali memaksimalkan kinerja, salah satunya dengan kembali membuka layanan penitipan barang untuk keluarga WBP.

Sebelumnya, Lapas Muaro Padang sempat jadi cluster baru penyebaran Covid19, dimana terdapat 40 orang WBP yang positif terpapar virus tersebut.

Guna mengantisipasi penyebaran lebih luas, Lapas Muaro langsung mengisolasi WBP yang positif ke sel khusus serta melakukan pemeriksaan terhadap seluruh pegawai, petugas dan WBP yang kontak erat dan rentan terpapar seperti berusia di atas 50 tahun, sedang sakit/demam serta memiliki penyakit penyerta. (vry)

Baca juga: Randai dan Musik Tradisional akan Diinisiasi: Warga Binaan LP Muara Padang Diajarkan Menulis Cerita oleh Tim Pengabdi FIB Unand

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: