IORA Akan Bernilai Positif Bagi Padang

Kamis, 03 September 2015, 11:37 WIB | News | Kota Padang
IORA Akan Bernilai Positif Bagi Padang
Wawako Padang, Emzalmi menyerahkan piagam penghargaan pada Kecamatan dan Kelurahan Penggerak Koperasi 2015. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Ditunjuknya Kota Padang sebagai tuan rumah pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Menteri Luar Negeri, negara yang tergabung ke dalam Indian Ocean Rim Association (IORA), akan berdampak positif. Tidak hanya berdampak kepada pemerintah kota saja, akan tetapi juga bagi perekonomian dan masyarakat Padang.

Wakil Walikota Padang, Emzalmi mengatakan, cukup banyak hal positif yang diperoleh dengan ditunjuknya Padang. Lewat IORA, Padang akan lebih dikenal dunia internasional. Baik di segi pariwisata, perdagangan dan investasi, kelautan, kebencanaan dan pendidikan. Apalagi agenda internasional tersebut akan menyedot perhatian banyak orang.

"Kesempatan inilah yang kita manfaatkan. Dengan banyaknya orang datang, akan berdampak terhadap perputaran uang yang lebih banyak. Kegiatan transaksi meningkat. Masyarakat akan merasakan gairah baru dalam usaha sektor perdagangan," terang Emzalmi.

Agar Kota Padang menjadi primadona destinasi pariwisata, menyukseskan kegiatan Indonesia-IOLGF dan IORA adalah salah satu dari upaya Pemko Padang untuk merangkul dunia.

Baca juga: Emzalmi Lepas Jenazah Ibunda Arfian

Diyakini pula, dari ajang-ajang pertemuan tingkat nasional dan internasional itu dengan sendirinya potensi Kota Padang akan dilirik. Investasi-investasi baru akan masuk untuk menggarap potensi itu.

"Kita sangat membutuhkan investor, karena keuangan daerah terbatas untuk mengembangkan potensi pariwisata yang dimiliki," imbuh Emzalmi.

Agar IORA sukses digelar di Padang, dia mengimbau warga, untuk lebih memerhatikan kebersihan lingkungan, termasuk cara bersikap terhadap tamu. Begitu juga pelaku UMKM seperti kuliner dan souvenir, memiliki daftar menu dan daftar tarif.

"Jika mereka menetapkan tarif dengan harga yang pantas untuk suatu jenis makanan tentunya akan menambah nilai promosi bagi pedagang itu. Apalagi kuliner yang dijual merupakan suatu yang khas dan cita rasanya enak, sudah pasti para pengunjung akan memuji dan suatu saat akan datang kembali dengan merekomendasikannya ke orang lain," tukas Emzalmi.

Baca juga: Pelimpahan Wewenang Wali Kota ke Camat Dikupas

IORA adalah asosiasi negara-negara lingkar Samudera Hindia. IORA terbentuk 1997 di Mauritius. Hingga kini IORA beranggotakan 20 negara serta 6 negara mitra dialog. Tujuan dibentuknya IORA adalah menyatukan antara pemerintah, bisnis dan akademisi untuk mempromosikan kerjasama dan interaksi yang lebih dekat antar anggota.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: