Perjuangan Monalisa Menghadang Covid19 demi Sebuah Kesembuhan

Kamis, 14 Mei 2020, 23:37 WIB | News | Kota Padang Panjang
Perjuangan Monalisa Menghadang Covid19 demi Sebuah Kesembuhan
Monalisa saat diambil swabnya oleh tenaga medis di RSUD Padangpanjang, 30 April 2020 lalu. (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Sejak dinyatakan positif corona bersama 13 orang tenaga kesehatan yang lain, Mona kemudian harus menjalani isolasi di RSUD Padangpanjang, terhitung sejak hasil swab dirilis 30 April.

Selama dua hari diisolasi, Mona mengatakan, ia merasakan sesak nafas dan sempat memakai bantuan oksigen. Bahkan, lidah pun sudah tak berasa. Namun, gejala itu perlahan hilang setelah hari berikutnya.

"Selama isolasi, saya diberikan obat makan dan aneka vitamin terutama vitamin C. Karena saya juga bermasalah di lambung, saya diberi tambahan obat untuk lambung," ujar Mona, seputar metode pengobatan yang dijalani selama masa karantina.

Baca juga: Dua Pasien Positif Covid19 Dinyatakan Sembuh di Padang

Setelah berjuang selama 12 hari, Mona kemudian dinyatakan negatif corona setelah jalani dua kali test swab. Pada 12 Mei 2020, Monalisa bersama 10 Nakes RSUD Padangpanjang yang lain, dinyatakan sembuh dari wabah yang awalnya menjangkiti warga Wuhan, Tiongkok itu.

Monalisa yang juga seorang Bhayangkari, juga mendapat dukungan dari Ibu Kapolri, Ibu Kapolda dan Ibu Kapolres Padangpanjang. Ibu-ibu itu langsung meneleponnya, sehari sesudah dirinya dinyatakan positif.

Beratnya perjuangan menuju kesembuhan, Monalisas meminta masyarakat, untuk terus aktif memutus mata rantai penyebaran Covid19 ini. Salah satunya, tidak membuat kerumunan atas nama apapun, tidak keluar rumah bila tidak ada keperluan yang memaksa dan persyaratan lainnya yang telah ditentukan pemerintah di masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ini.

"Kalau tidak perlu keluar rumah, tolong jangan keluar. Kalau pun harus keluar, tolong jaga jarak, jangan berkerumun, pakai masker dan rajin cuci tangan," tegas Mona memberi saran.

Sebagai tenaga medis, Mona meminta masyarakat, juga jujur dengan keluhan apapun yang dirasakan dan jujur menyampaikan riwayat perjalanan dari manapun. (ben)

Halaman:
1 2
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: