Ini Update Penanganan Covid19 Pasbar Hari Senin

Senin, 11 Mei 2020, 22:32 WIB | Wisata | Kab. Pasaman Barat
Ini Update Penanganan Covid19 Pasbar Hari Senin
Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid19 Pasaman Barat, dr Gina Alecia. (dodi ifanda/valoranews)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Saat itu, petugas yang sudah memakai Alat Pelindung Diri (APD) melihat korban sesak nafas dan tidak lama kemudian pasien langsung tidak sadarkan diri dan meninggal dunia dan dievakuasi ke RSUD Lubukbasung.

Jenazah MP dimakamkan di Batang Lingkin, Sabtu (9/5/2020) pagi. Pemakaman sesuai dengan protap Covid19. "Setelah hasil swabnya keluar, maka dipastikan korban negatif Covid19," tegasnya.

Pihaknya juga telah melakukan tes swab terhadap 14 orang yang merupakan keluarga, kenek dan teman korban yang pernah kontak langsung dengan korban dan kontak tidak langsung.

Baca juga: Dua Dekade Partai Demokrat, Ini Kegiatan Kader di Pasaman Barat

"Hasil pelacakan terhadap riwayat kontak korban hingga saat ini, lebih dari 28 orang. Untuk swab, baru untuk 14 orang. Hasilnya belum keluar, maka 14 orang yang belum pengambilan sampel uji swab, tidak dilakukan tes swab lagi," katanya.

Ia menjelaskan, hingga Senin (11/5/2020), tidak ada penambahan Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) maupun yang positif COVID-19 di Pasaman Barat.

"Satu orang pasien yang positif inisial R kemarin, dari keterangan Laboratorium Unand hasilnya juga sudah negatif," sebutnya.

"Mengenai PDP insial U, asal Kinali, hasil swabnya negatif juga," pesan dr Gina Alecia.

Untuk jumlah total kumulatif ODP sebanyak 251 orang dengan keterangan 240 orang sudah selesai pemantauan dan 11 orang masih dalam pemantauan. Sedangkan total kumulatif PDP sebanyak 11 orang dengan hasil swab ke-11 negatif, delapan orang di antaranya sehat, meninggal dua orang dan dirawat satu orang.

Untuk total kumulatif Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 44 orang dengan keterangan 16 orang negatif, 28 orang kontak dengan almarhum MP.

"Sebanyak 14 dari 28 orang itu, sudah dites swab dan hasil belum keluar dari Laboratorium Unand Padang," katanya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: