50 Anggota Pokdarwis Solsel Dibekali Pelatihan Kepariwisataan

Kamis, 19 Maret 2020, 10:42 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
50 Anggota Pokdarwis Solsel Dibekali Pelatihan Kepariwisataan
Staf Ahli Bidang Ekonomi dan SDM Solsel, Editorial foto bersama dengan peserta pelatihan peningkatan SDM Pokdarwis oleh Dinas Pariwisata dan Budaya Solsel di Wisma Umi Kalsum, Kecamatan Sungai Pagu, Selasa (17/3/2020). (humas)

VALORAnews - Sebanyak 50 orang anggota kelompok sadar wisata (Pokdarwis) se Kabupaten Solok Selatan (Solsel), diberikan pelatihan peningkatan SDM oleh Dinas Pariwisata dan Budaya Solsel di Wisma Umi Kalsum, Kecamatan Sungai Pagu, Selasa (17/3/2020).

Staf Ahli Bidang Ekonomi dan SDM Solsel, Editorial mengatakan, Kabupaten Solok Selatan mempunyai potensi besar sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara.

Dilihat dari kondisi geografis, ada air terjun, gunung, sungai dan goa yang indah, dari kondisi latar belakang budayanya, ada kawasan saribu rumah gadang dan rumah gadang terpanjang di dunia.

Dengan kekayaan potensi pariwisata itu, jelasnya, dibutuhkan pokdarwis yang handal dan mempunyai sumber daya manusia yang mumpuni, sehingga wisatawan yang berkunjung merasa nyaman dan terlayani dengan baik.

Baca juga: BURUAN DAFTAR !!! Ada Lomba Senam Kreasi di Carocok Painan, Hadiah Puluhan Juta, dan Gratis

"Dengan besarnya potensi pariwisata Solok Selatan maka diperlukan keseriusan dalam pembangunan sektor pariwisata, dan pelatihan saat ini adalah bentuk keseriusan pemerintah daerah dalam pengembangan pariwisata di solok selatan," ungkapnya.

Ia menambahkan, seorang pokdarwis dituntut memiliki penguasaan terhadap bahasa serta pengetahuan yang luas berkaitan dengan kepariwisataan.

Ia berharap, melalui pelatihan ini akan menghasilkan sumber daya manusia pariwisata yang berkapabilitas dan profesional dalam melaksanakan tugasnya sebagai pokdarwis.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Solsel, Harri Trisna mengatakan, seorang pokdarwis harus siap berperan sebagai tuan rumah yang baik bagi wisatawan. Disamping itu juga harus mampu meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap pariwisata melalui konsep wisata yang berkelanjutan sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Baca juga: 40 Peserta Ikuti Pelatihan Kebersihan Lingkungan, Sanitasi dan Pengelolaan Sampah di Destinasi Wisata

Melalui pelatihan ini, lanjutnya, diharapkan akan mampu meningkatkan SDM anggota pokdarwis dalam mengelola destinasi wisatanya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: